Cara Kerja MLFF, Sistem Pembayaran Tol Canggih, Lengkap dengan Pengertian, Manfaat, dan Jadwal Uji Cobanya
Ilustrasi pembayaran tol (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat makin mantan menerapkan sistem pembayaran non-tunai Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk transaksi di gerbang tol. Sayangnya belum banyak masyarakat tahu pengertian dan cara kerja MLFF. VOI akan merangkumkannya untuk Anda.

Pengertian dan Cara Kerja MLFF

Sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) adalah teknologi sistem pembayaran nirsentuh yang diterapkan pada gerbang tol di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi BPJT, sistem pembayaran tol tanpa harus berhenti ini adalah inovasi dan transformasi digital di Jalan Tol. Teknologi ini mengusung konsep intelligent toll road system (ITRS) dengan mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

MLFF menggunakan sistem teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS), sistem yang melakukan transaksi lewat aplikasi di smartphone kemudian dibaca lewat satelit.

Cara kerja MLFF ini sebenarnya cukup sederhana. Pada intinya, MLFF akan membuat pengemudi tol tidak harus berhenti dan melakukan tap e-toll di setiap gerbang untuk melakukan transaksi, namun bisa dilakukan tanpa harus berhenti.

Dikutip dari berbagai sumber, MLFF akan menggunakan perangkat yang berupa Electronic On-Board Unit atau E-OBU. Perangkat ini harus diaktifkan oleh pengguna sebelum melakukan transaksi di gerbang tol.

Saat E-OBU aktif, GPS secara otomatis akan mengirim posisi pengguna secara realtime melalui satelit dan proses pencocokan pada peta akan dilakukan di pusat sistem.

MLFF juga menggunakan teknologi digital Global Navigation Satellite System (GNSS). Teknologi ini menghilangkan barrier di gerbang tol. Tak hanya itu, seluruh pergerakan kendaraan di jalan tol juga akan terdeteksi. Sehingga saat pengendara mulai memasuki gerbang Tol, sistem akan melakukan kalkulasi tarif dan secara otomatis akan melakukan transaksi sesuai dengan kalkulasi.

Yang harus dipastikan oleh pengguna adalah ketersediaan saldo di aplikasi sebelum melewati gerbang tol. Jika saldo tidak mencukupi, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi.

Perbedaan Sisten MLFF dan Sistem Bayar Tol yang Lama

Sistem pembayaran Tol konvensional dan pembayaran dengan MLFF memiliki sejumlah perbedaan, yakni sebagai berikut.

  1. Waktu

Perbedaan pembayaran pada sistem pembayaran Tol konvensional dan MLFF ada pada waktu transaksi yang dibutuhkan.

Pembayaran Tol konvensional mengharuskan pengemudi untuk berhenti sejenak untuk melakukan pembayaran melalui e-tol. Tak sampai situ, pengemudi juga harus menunggu portal untuk terbuka baru bisa melaju. Proses ini membutuhkan waktu hingga menyebabkan antrian kendaraan.

Sedangkan pembayaran Tol menggunakan MLFF memungkinkan pengemudi untuk terus melaju tanpa harus menunggu portal terbuka, sehingga antrian kendaraan di gerbang pintu Tol bisa diminimalisir.

  1. Piranti

Piranti pembayaran pada kedua sistem pembayaran juga berbeda. Pada pembayaran Tol konvensional, pengemudi membutuhkan piranti yang berupa e-tol. Tak jarang pula pengemudi membutuhkan piranti tambahan berupa tongkat e-tol.

Sedangkan pada pembayaran tol MLFF, pengemudi tak membutuhkan piranti e-tol. Yang harus dilakukan hanya mengunduh aplikasi melalui smartphone.

Manfaat MLFF

Teknologi MLFF yang diterapkan pada transaksi tol memiliki sejumlah manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna jalan yakni sebagai berikut.

  1. Efisiensi Waktu

Dengana adanya teknologi MLFF, pengemudi bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu berhenti dan antri di gerbang tol. Hal itu akan berdampak pada berkurangnya waktu tempuh.

  1. Meminimalisir Antrian dan Kemacetan

Antrian pada gerbang tol juga bisa dihindari, sehingga tumpukan kendaraan di gerbang tol bisa dihindari. Pengemudi bisa terus melaju tanpa harus berhenti untuk melakukan pembayaran di gerbang tol. Kemacetan juga bisa lebih dihindari terutama di waktu-waktu padat.

  1. Mendukung Cashless

Teknologi MLFF juga mendukung skema pembayaran digital atau cashless. Pengguna cukup melakukan topup di aplikasi dengan skema pengisian saldo yang telah disediakan.

Jadwal Uji Coba MLFF

Pemerintah akan melakukan uji coba sistem pembayaran tol tanpa berhenti mulai 2023. Namun sistem MLFF ini akan dikenalkan kepada masyarakat mulai akhir tahun 2022. Uji coba sendiri akan dilakukan di beberapa ruas tol yakni sebagai berikut.

  • Tol Bali Mandara
  • Tol Jagorawi
  • Tol Jakarta-Cikampek
  • Tol Dalam Kota, dan Tol JORR, yang nantinya akan dipasangi kamera pendeteksi.

Selain terkait cara kerja MLFF, dapatkan informasi menarik lain melalui VOI.ID.