Supernal dari Hyundai Motor Kerja Sama dengan Honeywell Kembangkan Sistem Avionik Taksi Udara
Taksi udara Supernal mulai dipamerkan. (foto: twitter @Supernal_aero)

Bagikan:

JAKARTA – Supernal, unit taksi udara dari Hyundai Motor Group, telah memilih pemasok kedirgantaraan Honeywell International Inc untuk mengembangkan sistem avionik untuk pesawat eVTOL (lepas landas dan mendarat vertikal listrik) produksi mereka yang akan diumumkan pekan depan.

Di bawah kolaborasi tersebut, Honeywell akan bekerja sama dengan Supernal, perusahaan eVTOL Hyundai yang berbasis di AS, untuk mengeksplorasi integrasi dek penerbangan 'Anthem' pemasok kedirgantaraan ke dalam taksi udara, yang dijadwalkan untuk memasuki layanan komersial pada tahun 2028.

Pembuat taksi udara listrik di seluruh dunia telah menempatkan diri mereka sebagai kendaraan alternatif yang bersih untuk kota-kota decongest. Mereka menarik investasi dari maskapai kelas berat seperti Delta Air Lines Inc, meskipun mereka masih jauh dari operasi secara komersial.

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) masih dalam proses menyusun aturan sertifikasi untuk pesawat futuristik ini, mengingat jet berfungsi sebagai helikopter saat lepas landas dan mendarat, dan sebagai pesawat terbang saat terbang.

"Kami ingin melihat FAA keluar dengan seperangkat aturan sertifikasinya, dengan cepat. Dipikirkan dengan baik, tetapi dengan cepat (dan) bahwa aturan itu diselaraskan dengan EASA (Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa)," kata wakil presiden Honeywell Urban Mobilitas dan Sistem Udara Tak Berawak, Stephane Fymat, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Tantangan untuk memperoleh sertifikasi dan inovasi pendanaan seperti teknologi baterai baru telah membebani sektor baru tahun ini.

Kolaborasi Honeywell dengan Supernal adalah yang pertama dengan perusahaan taksi udara yang didirikan oleh perusahan pembuat mobil asal Korsel itu. Perusahaan, yang merupakan pemasok besar untuk Boeing Co  dan Airbus SE, juga memiliki investasi di perusahaan eVTOL lainnya - Lilium, Vertical Aerospace dan Volocopter.

“Honeywell akan mempertimbangkan untuk berinvestasi lebih jauh di sektor eVTOL,” kata Fymat. Honeywell  mengharapkan pasar keseluruhan untuk taksi udara menjadi sekitar 120 miliar dolar AS per tahun pada tahun 2030.