Cara Cepat Tambahkan Kontak Baru di Gmail
Menyimpan kontak di Gmail semudah saat Anda menyimpannya di ponsel.(foto: Solen Feyissa / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda memiliki teman atau koneksi baru di Gmail, Anda pasti ingin menyimpan detail informasinya lebih lanjut, namun Anda belum mengetahui caranya.

Menyimpan kontak di Gmail semudah saat Anda menyimpannya di ponsel. Ini dikelola langsung melalui aplikasi Google Contacts, dan berikut VOI akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan untuk menyimpan kontak di aplikasi email populer milik Google itu.

Perlu diperhatikan, langkah untuk menambah kontak di Gmail kali ini harus melalui komputer Anda, dan cara itu bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, MacOS, atau Chrome OS.

1. Buka Gmail Anda dengan browser web pilihan Anda. Lihat di kanan atas di mana Anda akan melihat menu kotak titik, ini adalah menu untuk mengakses aplikasi Google Anda. Pilih itu.

2. Di Google Apps, cari aplikasi Kontak. Pilih, dan jendela baru akan terbuka dengan semua kontak Google Anda saat ini.

3. Anda dapat melihat dan mencari kontak Anda di sini, tetapi jika Anda ingin langsung menambahkan yang baru, lihat ke sudut kiri atas, dan Anda dapat memilih tombol Buat kontak.

4. Ketika dibuka, Anda akan disuguhkan dengan dua opsi penting. Yang pertama adalah menambahkan satu kontak dengan Buat kontak, dan yang kedua adalah menambahkan sejumlah kontak dengan cepat dengan Buat beberapa kontak.

Buat Beberapa Kontak dapat berguna jika Anda hanya menyalin dan menempelkan daftar alamat dari email ke aplikasi Kontak. Tetapi jika Anda ingin lebih detail, Anda harus memilih Buat kontak.

5. Memilih Buat Kontak akan membuka bidang baru di mana Anda dapat mengisi semua jenis informasi tentang satu kontak baru.

Minimal, Anda memerlukan nama depan dan belakang mereka serta alamat email. Namun, Anda juga dapat menambahkan foto, nomor telepon, perusahaan dan jabatan, catatan tambahan tentang kontak, dan sebagainya.

Jika Anda mengisi kontak karena alasan profesional, ada baiknya Anda mengisinya selengkap mungkin. Setelah selesai, pilih Simpan untuk menambahkan entri ke Kontak Anda.

Impor Daftar Kontak ke Gmail

Jika Anda beralih ke Gmail dari aplikasi email lain (atau menambahkan platform ke daftar nama Anda) dan ingin mengimpor daftar kontak Anda saat ini ke Gmail, inilah yang harus dilakukan.

1. Buka daftar kontak Anda saat ini, dan cari opsi Ekspor. Semua platform yang dirancang untuk menyimpan kontak harus memiliki cara untuk mengekspor.

Ini akan mengunduh file kontak Anda yang dapat Anda transfer atau gunakan, yang harus dalam format CSV atau vCard. Ekspor ke komputer yang Anda gunakan sehingga Anda akan memiliki akses mudah ke file ini.

2. Buka Gmail, dan navigasikan ke ikon kumpulan aplikasi Google di kanan atas. Pilih Kontak. Lihat menu sisi kiri di Kontak dan pilih opsi untuk Impor.

3. Sekarang pilih Select file, dan lihat di unduhan terbaru Anda untuk menemukan ekspor CSV atau vCard. Itu harus menjadi salah satu format ini agar berfungsi dengan baik. Pilih, lalu klik Impor untuk menyelesaikan impor penuh. Demikian dikutip dari Digital Trends, Senin, 10 Oktober.