Melalui Program Game Fund, Tahun Ini Roblox Siap Berinvestasi Rp519 Miliar untuk Beberapa Pengembang GIm
Roblox Developers Conference (RDC) 2022. (Foto: Twitter Roblox)

Bagikan:

JAKARTA - Roblox mengumumkan gelombang pendanaan baru bernama Game Fund untuk pengembang yang membutuhkan dana untuk membangun gimnya. Sebagai langkah awal, Roblox akan memberikan dana sebesar 25 juta dolar AS (Rp370 milar).

Game Fund sebenarnya sudah diluncurkan sejak musim panas lalu, atau pada Juli 2021. Sekarang, selama acara Roblox Developers Conference (RDC) 2022, perusahaan mengatakan akan meningkatkan dana investasi dari 10 juta dolar AS (Rp148 miliar) menjadi 35 juta dolar AS (Rp519 miliar).

Saat pertama kali mengumumkan programnya, Roblox mengatakan bahwa mereka ingin sekali bermitra dengan menyediakan dana sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembang gim.

"Tujuan kami adalah bermitra erat dengan Anda untuk menyediakan dana dan dukungan untuk pengembangan konten Anda. Pendanaan untuk peserta yang disetujui akan dimulai dari minimal 500.000 dolar AS (Rp7,41miliar) per proyek," tulis perusahaan tahun lalu, dikutip dari situs forum developer Roblox, Minggu 11 September.

"Dari alat yang ditingkatkan hingga dukungan yang diperluas melalui program seperti Roblox Game Fund, kami tetap berkomitmen pada komunitas kami. Dunia ini adalah milik kita untuk dibuat. Kami tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat selanjutnya," tulis perusahaan di Twitter.

Kemudian, ketika dikonfirmasi oleh TechCrunch, Roblox mengatakan bahwa Game Fund hadir untuk memberikan finansial dan panduan bagi mereka yang sedang berusaha membangun gim.

“Merancang dan membangun pengalaman fidelitas tinggi dengan teknologi baru, IP terkenal, dan alur cerita yang kaya membutuhkan waktu yang intensif dan membutuhkan tim yang lebih besar, jadi Game Fund hadir untuk memberikan dukungan finansial dan panduan kepada para kreator yang berpartisipasi untuk mengurangi risiko pengembangan," kata Kepala Pengembangan Komunitas Roblox, Jad Boniface kepada TechCrunch.

Roblox melihat program Game Fund nya sebagai cara untuk mendukung gim yang mengesankan dan menarik secara visual yang sebagian besar tidak terlihat atau bahkan berfungsi seperti platform yang dikenal.