Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI tahun ini kembali membangun akses internet ke desa pedalaman di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sebagai upaya dalam mendukung desa digital di daerah ini.

"Tahun 2021 Kominfo membangun akses internet untuk 10 desa di daerah ini, tahun 2022 untuk 16 desa," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Novria Eka Putra di Mukomuko, Sabtu, 20 Agustus.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat mengusulkan pembangunan akses internet di 16 desa yang berada di pedalaman daerah ini Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Ia mengatakan, instansinya mengusulkan sebanyak belasan desa akses internet guna menindaklanjuti usulan 16 desa digital dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko.

"16 desa ini berdasarkan usulan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kemudian kita turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi data desa ini," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, sebanyak 16 desa ini sudah ada akses internet tetapi masih lambat sehingga menjadi kendala bagi desa ini untuk menjadi desa digital.

"Jaringan internet di desa di daerah ini sangat lemah, sinyal lemot, kapasitas kecil, seharusnya kapasitas 10 Megabyte (MB), tetapi yang baru tersedia hanya sebesar 2,8 MB," ujarnya.

Ia mengatakan, selain 16 desa ini, masih banyak desa lain di daerah ini yang sudah memiliki jaringan internet tetapi sinyalnya sangat lemah.

Untuk itu, katanya, pihaknya setiap tahun terus mengusulkan pembangunan akses internet hingga semua desa di desa mendapatkan akses internet dengan kecepatan tinggi.

Dalam kegiatan ini, katanya, Dinas Komunikasi dan Informatika setempat sebagai fasilitator antara desa dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, selanjutnya desa bekerja sama dengan kementerian.

"Kami paling koordinasi saja karena semua bantuan pembangunan akses internet," ujarnya.