Penyimpanan Google Photos Tak Lagi Gratis
Google Photos (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini Google mengumumkan akan mengakhiri program penyimpanan gratis di Google Photos pada Juni 2021. Artinya pengguna tak lagi bisa menyimpan foto secara cuma-cuma. 

Menurut laporan 9to5Google, Jumat 13 November, pengguna Google Photo masih akan diberikan penyimpanan sebesar 15GB. Setelah itu mereka harus berlangganan paket penyimpanan Google One, jika mereka kehabisan ruang atau ingin menambahkannya.

Biaya berlangganan Google One saat ini dihargai 1,99 dolar AS atau Rp29 ribu per bulan untuk kapasitas 100GB. Jika pengguna memiliki banyak foto maupun video, sepertinya memang harus mencoba berlangganan ini.

Namun ada pengecualian untuk pengguna Google Pixel. Di mana Google mengatakan bahwa pemilik perangkat Pixel masih akan bisa mencadangkan file fotonya secara gratis, untuk jangka waktu tertentu.

"Jika Anda memiliki perangkat Pixel 5 atau versi lebih lama, opsi dan manfaat kualitas cadangan Anda saat ini tetap tidak berubah. Upload dalam Kualitas tinggi dari perangkat Pixel 2-5 Anda akan terus menerima penyimpanan gratis tanpa batas," tulis Google dalam postingan blognya.

"Namun, foto dan video yang dicadangkan dari perangkat lain dalam kualitas tinggi setelah 1 Juni 2021 akan mulai menggunakan penyimpanan Akun Google Anda," sambungnya.

Google Photos (blog Google)

Perlu diketahui, layanan Google Photos memungkinkan pengguna untuk menyimpan atau mencadangkan file foto dan video. Foto atau video yang disimpan dalam kualitas tinggi sama seperti file aslinya. 

Bahkan menurut postingan blog tersebut lebih dari 4 triliun foto telah disimpan di Google Photos, dengan lebih 28 miliar foto dan video baru yang diunggah tiap minggu. Pada bulan Juni nanti, Google juga akan memberikan penyegaran di aplikasinya tersebut.