Dan Terjadi Lagi… Pencurian Kripto Ethereum Sebanyak 1.300 ETH Dibobol Peretas
Hacker curi Ethereum. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Aksi pencurian kripto kian marak dalam beberapa bulan terakhir. Kali ini platform peminjaman kripto OMNI dilaporkan telah diretas hacker. Peretas berhasil mencuri 1.300 ETH senilai 1,43 juta dolar AS (setara Rp21,5 miliar) setelah berhasil membobol sistem OMNI.

Aksi pencurian itu terjadi pada Minggu, 10 Juni 2022. Sebagai informasi, saat ini satu Ethereum bernilai sekitar 1.088 dolar AS (setara Rp16 jutaan) per koinnya.

Menurut laporan perusahaan keamanan blockchain PeckShield, OMNI telah mengalami eksploitasi dan seorang peretas berhasil mencuri lebih dari 1.300 wETH (wrapped Ethereum) senilai 1,4 juta dolar AS.

Sementara BlockSec melaporkan bahwa peretas memanfaatkan NFT Doodles untuk meminjam ETH (wETH). Peretas kemudian menggunakan NFT Doodles yang diperoleh dengan pinjaman awal sebagai jaminan untuk meminjam lebih banyak lagi.

Namun, OMNI gagal mengidentifikasi ini sebagai posisi baru, dan dengan demikian memungkinkan peretas untuk menarik NFT tanpa membayar kembali pinjaman tersebut.

Kendati sebanyak 1.300 ETH dicuri hacker, pihak OMNI mengumumkan bahwa dana pengguna masih aman dan tidak dicuri peretas. OMNI menjelaskan bahwa protokolnya masih dalam tahap beta, dan Ether yang dicuri berasal dari dana pengujian internal. Sejak terjadinya eksploitasi tersebut, OMNI menangguhkan layanannya.

Aksi pencurian kripto yang dilakukan oleh peretas kian marak terjadi di dunia aset digital. Pencurian terbesar terjadi pada bulan Maret lalu yang diduga dilakukan oleh kelompok peretas asal Korea Utara, Lazarus Group. Mereka berhasil mencuri kripto dari Ronin Network.

Pada 29 Maret 2022, Ronin Network harus kehilangan 173.600 Ethereum (saat itu bernilai sekitar 595 juta dolar AS) dan uang sejumlah 25,5 juta dolar AS. Total Ronin harus kehilangan 620 juta dolar AS atau setara Rp9,2 triliun.

Ronin Network merupakan jaringan kripto berbasis game play-to-earn Axie Infinity. Pada akhir tahun 2021 hingga awal 2022, gim Axie Infinity sudah booming karena para pemain mampu menghasilkan kekayaan hanya dengan memainkan game ini.