Fitur Baru Google Assistant akan Meningkatkan Pengenalan Suara yang Lebih Personal
Fitur baru Google Assistant meningkatkan pengenalan suara lebih personal (foto: App Store)

Bagikan:

JAKARTA - Google mulai menggunakan pembelajaran gabungan di Android untuk meningkatkan akurasi pengucapan "Hai Google" pada bulan Maret tahun lalu. 

Menurut laporan dari 9to5google, Google akan menyiapkan fitur pengenalan ucapan khusus yang di personalisasi, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari Google Assistant. 

Fitur "Personalized Speech Recognition" ini dapat menyimpan rekaman audio pengguna di ponsel pintar dan kemudian membantu mengenali "perintah" yang dikatakan oleh pengguna. 

Menurut string dalam versi terbaru aplikasi Google di Android, "Personalized Speech Recognition" akan muncul di pengaturan Asisten Google dengan deskripsi berikut:

"Simpan rekaman audio di perangkat ini untuk membantu Asisten Google mengenali ucapan Anda dengan lebih baik. Audio tetap ada di perangkat ini dan dapat dihapus kapan saja dengan menonaktifkan pengenalan ucapan yang dipersonalisasi."

Fitur ini tampaknya merupakan peningkatan dari pengenalan kata "Hai Google" di Google Assistant. 

Dengan menyimpan dan menganalisis suara seseorang akan meningkatkan waktu respon dan akurasi. Karena Google Assistant akan mengenali suara pengguna dan kata-kata yang umum digunakan. 

Fitur ini juga memungkinkan pengenalan perintah dan nama kontak yang lebih canggih. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat memilih keluar dari pengenalan ucapan yang dipersonalisasi jika Anda tidak ingin suara Anda disimpan di mana pun. 

Belum jelas kapan fitur baru ini akan dikeluarkan, atau seberapa besar peningkatan yang akan muncul. Anda dapat menunggunya di masa mendatang.