Bagikan:

JAKARTA - YouTube meluncurkan Membership Gifting dalam versi beta untuk saluran tertentu mulai Rabu, 11 Mei.  Langganan ini merupakan cara YouTube untuk berlangganan seperti Twitch, yang memungkinkan penontonnya untuk menunjukkan dukungan finansial bagi pembuat konten dan mendapatkan akses ke fasilitas tertentu seperti emoji khusus.

Sebelumnya, langganan seperti ini sudah ada di Twitch beberapa waktu lalu, akan tetapi YouTube baru akan meluncurkannya untuk versi beta. 

"Mulai besok, kami bersemangat untuk menghadirkan versi beta dari Pemberian Hadiah Langganan Saluran ke sekelompok kecil pembuat konten, dan selama beberapa bulan ke depan, kami akan secara aktif memperluas fitur ini ke lebih banyak lagi pembuat konten berlanggananlah ke postingan ini & kami akan terus memberi Anda informasi terbaru tentang rencana ekspansi Memberships Gifting kami!" kata Jensen, Manajer Komunitas YouTube melalui pengumuman Google. 

Paket berlangganan ini memungkinkan Anda mengakses lencana pengguna, emoji, dan konten eksklusif lainnya dari pembuat konten favorit Anda.

Google juga memberikan beberapa detail penting penting yang harus Anda perhatikan. Berikut detailnya:

  • Keanggotaan hadiah menggunakan bagi hasil 70/30 (Kreator/YouTube) yang sama di mana bagi hasil dihitung setelah biaya App Store di iOS (jika berlaku) dan biaya lain seperti pajak penjualan.
  • Anggota saluran yang ada tidak dapat menerima keanggotaan berbakat, Google ingin berbagi cinta dengan calon anggota saluran baru. 

"Kami harap Anda sama bersemangatnya dengan Memberships Gifting seperti kami, nantikan pembaruan lebih lanjut tentang fitur ini segera!" tutup pengumuman tersebut.