Coinbase Luncurkan Pasar NFT Baru di AS untuk Dongkrak Prdagangan yang Melambat Tahun Ini
Pasar NFT yang melambat akan coba didongkrak Coinbase. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Agen pertukaran mata uang kripto utama AS, Coinbase Global Inc , Rabu 20 April,  meluncurkan pasar NFT baru. Peluncuran ini dianggap sebagai tanda kepercayaan pada aset digital khusus ketika pasar menunjukkan tanda-tanda pendinginan.

Platform pertukaran kripto ini, pertama kali diumumkan pada bulan Oktober. Menurut juru bicara Coinbase platform ini awalnya hanya tersedia untuk "sejumlah kecil" orang di Amerika Serikat. Namun akan terdapat lebih banyak pengguna yang akan ditambahkan dari daftar tunggu selama tiga hingga lima minggu ke depan saat platform baru diujicobakan.

Token non-fungible (NFT) adalah jenis aset kripto yang menggunakan blockchain untuk merekam kepemilikan file digital seperti gambar, video, atau teks.

Pasar NFT popularitasnya meledak sepanjang tahun 2021. Beberapa NFT telah menghasilkan cryptocurrency senilai jutaan dolar, akan tetapi pertumbuhannya dinilai melambat pada tahun 2022.

Di pasar OpenSea yang populer, penjualan NFT di blockchain ethereum berkurang setengahnya menjadi sekitar 2,5 miliar dolar AS (Rp 36 triliun) pada bulan Maret, dari 5 miliar dolar AS (Rp72 triliun) pada bulan Januari.

“Kami percaya NFT akan tetap ada di sini,” kata juru bicara Coinbase, seperti dikutip Reuters. "Selain membeli dan menjual NFT, pasar kami menawarkan cara yang lebih baik untuk menemukan komunitas yang tepat dan ruang yang lebih baik di mana mereka dapat merasa terhubung satu sama lain."

NFT sebagian besar tidak diatur oleh pemerintah, dan laporan penipuan, pemalsuan, dan manipulasi pasar sering terjadi di produk ini.

LooksRare, salah satu pasar NFT, telah menghasilkan volume miliaran dolar dari sejumlah kecil dompet yang memperdagangkan NFT di antara para pengguna sendiri dengan harga yang meningkat.

Pasar lain, Cent, menghentikan transaksi pada Februari karena terdapat individu yang menjual konten NFT yang bukan miliknya.

Coinbase mengatakan akan mengizinkan konten yang dilindungi hak cipta atau perlindungan atas penipuan untuk dilaporkan kepada mereka. Kemampuan untuk membuat (atau "mint") NFT akan ditambahkan ke platform Coinbase NFT di masa depan.