Sepasang Teleskop MAGIC  Tangkap Ledakan Bintang yang Berjarak 5000 Tahun Cahaya dari Bumi
Kejadian unik saat terjadi super nova tertangkap teleskop Magic. (foto; superbossa.com)

JAKARTA - Sebuah sistem bintang biner, yang berjarak 5.000 tahun cahaya dari Bumi, dan meledak dalam nova dramatis setiap 15 tahun, telah dilihat oleh sepasang teleskop MAGIC.

RS Ophiuchi (RS Oph) berada di konstelasi Serpent Bearer dan terdiri dari katai putih dan raksasa merah yang berada di puncak, terbakar dalam supernova.

Para astronom dari Max Planck Institute di Jerman mempelajari pasangan biner menggunakan teleskop MAGIC, sistem dua teleskop Imaging Atmospheric Cherenkov di Observatorium Roque de los Muchachos di La Palma, Kepulauan Canary.

Setiap 15 tahun ledakan dramatis datang dari pasangan biner ini, saat raksasa merah melepaskan materialnya, menarik ke permukaan White Dwarf, sebuah bintang mati.

Tempat lahir nova adalah sistem di mana dua bintang yang sangat berbeda hidup dalam hubungan parasit, biasanya bintang yang lebih kecil dan lebih besar.

Dalam hal ini katai putih, yang merupakan bintang kecil, terbakar habis dan padat, di mana satu sendok teh materi seberat 1 ton, mengorbit raksasa merah, bintang tua yang akan segera terbakar.

Bintang raksasa yang sekarat memberi makan katai putih dengan materi yang melepaskan lapisan hidrogen terluarnya saat gas mengalir ke katai putih di dekatnya. Aliran materi ini berlanjut, sampai katai putih memakan dirinya sendiri secara berlebihan dan meledak.

Suhu dan tekanan di cangkang bintang yang baru diperoleh menjadi terlalu besar dan terlempar dalam ledakan termonuklir raksasa. Bintang kerdil tetap utuh dan siklus dimulai lagi, sampai tontonan berulang.

Muncul spekulasi bahwa ledakan semacam itu melibatkan energi tinggi, tetapi detail pastinya tidak jelas, terutama untuk nova khusus ini.

Kedua teleskop MAGIC merekam sinar gamma dengan nilai 250 gigaelectronvolts (GeV), di antara energi tertinggi yang pernah diukur dalam nova. Sebagai perbandingan, radiasi seratus miliar kali lebih energik daripada cahaya yang tampak.

Tim mampu melakukan pengamatan, sinar gamma, mengikuti peringatan awal dari instrumen lain yang mengukur pada panjang gelombang yang berbeda.

Letusan spektakuler RS ​​Ophiuchi menunjukkan bahwa respons cepat teleskop MAGIC benar-benar terbayar.

“Mereka membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 detik untuk pindah ke target baru,” kata David Green, seorang ilmuwan di Institut Max Planck untuk Fisika dan salah satu penulis makalah tersebut, seperti dikutip Daily Mail.

Setelah ledakan, beberapa front kejut menyebar melalui angin bintang dari Raksasa Merah dan medium antarbintang yang mengelilingi sistem biner.

Gelombang kejut ini bekerja seperti pembangkit listrik raksasa di mana partikel dipercepat mendekati kecepatan cahaya.

Kombinasi pengukuran yang dilakukan oleh teleskop berbasis Bumi, menunjukkan sinar gamma berasal dari proton energik, inti atom hidrogen. “Ini juga membuat ledakan nova menjadi sumber sinar kosmik,” ucap Green.

“Namun, mereka cenderung memainkan peran pahlawan lokal - artinya hanya berkontribusi pada sinar kosmik di lingkungan dekat,” tambahnya.'

Pemain besar sinar kosmik adalah sisa-sisa supernova. Bagian depan kejut yang tercipta dari ledakan bintang jauh lebih ganas dibandingkan dengan nova itu sendiri.

Untuk memahami sepenuhnya interaksi rumit dari peristiwa kekerasan dengan medium antarbintang di Bima Sakti, pengamatan lebih lanjut seperti yang dilakukan RS Ophiuchi akan diperlukan.

Tim tersebut mengatakan Kolaborasi MAGIC akan terus mencari objek 'gelisah' di galaksi kita dan sekitarnya. Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy.