Snapchat Gandeng Penerbit Berita untuk Bikin Konten di Media Sosialnya
Snapchat kembali mengembangkan media sosialnya dengan merilis fitur baru. (foto: Dok. Snapchat)

Bagikan:

JAKARTA - Snapchat kembali mengembangkan media sosialnya dengan merilis fitur baru yang memungkinkan penerbit berita mengunggah konten mereka secara real time.

Mulai hari ini, lebih dari 40 penerbit berita di seluruh dunia bisa menggunakan fitur baru yang disebut Dynamic Stories, untuk mempublikasikan berita mereka ke Snapchat menggunakan RSS Feed.

Beberapa penerbit internasional antara lain CNN, ESPN, Axios, The Wall Street Journal, TMZ, termasuk The Independent, The Mirror, Marie Claire, GQ India dan banyak lagi.

"Kami selalu merasakan tanggung jawab yang dalam untuk menonjolkan berita dan informasi yang kredibel dan dari sumber yang terpercaya dan jelas," ungkap Snapchat dalam unggahan resmi di blognya, Rabu, 13 April.

"Dengan Dynamic Stories, format Discover baru ini menggunakan mitra RSS Feed untuk membuat Stories secara otomatis dari konten yang telah dibuat oleh Penerbit (berita) di web," sambungnya.

Konten dari penerbit berita ini nantinya akan tersedia di feed Discover, Stories itu juga akan diperbarui secara real-time, yang berarti pengguna dapat mengikuti berita terbaru.

Baik itu berita terkini dari sumber yang kredibel tentang perang di Ukraina, budaya pop atau mode terbaru, Dynamic Stories membantu pengguna mengetahui dunia saat itu terjadi.

"Format baru ini juga akan memainkan peran penting dalam mendukung upaya berkelanjutan kami untuk menghadirkan konten lokal ke komunitas kami di seluruh dunia. Kami telah memulai pengujian di AS, Inggris, Prancis, dan India," jelas Snapchat.

Hanya penerbit berita terverifikasi yang akan menjadi bagian dari platform ini. Nantinya, akan lebih banyak partner berita akan bergabung dengan Dynamic Stories dalam beberapa bulan mendatang.

Raksasa media sosial ini juga menjual iklan video vertikal untuk disematkan dalam Dynamic Stories dan berencana membagikan sebagian pendapatan dengan penerbit berita.

Sumber dari mitra Snap, yang telah melakukan pengujian selama berbulan-bulan, mengatakan sejauh ini kemitraan tersebut belum menghasilkan pendapatan yang signifikan, tetapi menawarkan kesempatan kepada penerbit berita untuk menjangkau audiens Gen Z yang selalu terganggu.

Melansir 9to5Mac, ini bukan kali pertama Snap membawa berita terbaru ke platformnya. Pada 2018, Snapchat meluncurkan saluran berita NowThis, yang ditampilkan di Snapchat Discover. Penerbit besar lainnya telah membuat saluran berita mereka sendiri.