Bagikan:

JAKARTA - HSBC Holdings sebagai perusahaan jasa keuangan ingin memanfaatkan realitas virtual baru dari Silicon Valley. HSBC telah meluncurkan dana untuk menangkap peluang investasi di metaverse untuk klien kaya di Hong Kong dan Singapura

Dalam sebuah pernyataan pada  Rabu, 6 April, HSBC mengatakan portofolio Metaverse Discretionary Strategy, yang dikelola oleh cabang  manajemen asetnya, akan fokus pada investasi dalam ekosistem metaverse di lima segmen, mulai dari  infrastruktur, komputasi, virtualisasi, pengalaman dan penemuan, dan antarmuka.

"Ekosistem metaverse, meskipun masih dalam tahap awal, berkembang pesat," kata Lina Lim, Kepala Wilayah dan Dana untuk solusi investasi dan kekayaan, Asia Pasifik, di HSBC, kepada Reuters. "Kami melihat banyak peluang menarik di ruang ini karena perusahaan dari berbagai latar belakang dan ukuran berbondong-bondong ke ekosistem ini."

Metaverse terdiri dari jaringan lingkungan virtual yang diakses melalui perangkat yang berbeda di mana pengguna dapat bekerja, bersosialisasi, dan bermain. Ini menjadi fokus yang lebih tajam sejak Facebook  mengubah namanya menjadi Meta tahun lalu yang  mencerminkan pertaruhannya di sektor ini.

HSBC mengatakan portofolio discretionary-nya dirancang untuk investor profesional dengan kekayaan bersih tinggi dan sangat tinggi serta klien investor terakreditasi di Hong Kong dan Singapura.

Bulan lalu, HSBC mengatakan telah membeli sebidang real estate virtual di ruang permainan online. Ini menjadikan mereka  bank global kedua yang berinvestasi dalam platform metaverse populer setelah JPMorgan yang sudah hadir di Decentraland berbasis blockchain.

HSBC juga telah menginvestasikan  3,5 miliar dolar AS (Rp 50,2 triliun) ke dalam bisnis perbankan kekayaan dan pribadinya. Ini  sejalan dengan ambisinya untuk menjadi manajer kekayaan teratas Asia pada tahun 2025.

Manajer kekayaan global, termasuk UBS  dan Credit Suisse, telah meningkatkan jumlah karyawan di Asia karena negara-negara seperti China dan India mencetak lebih banyak miliarder dan jutawan dibandingkan negara lainnya.