Ghost Financial Lirik Sektor Bisnis “Dapur Hantu”, Restoran Lewat Aplikasi Pemesanan Makanan
Ghost Kitchen, restoran yang menjadi tren baru pada masa pandemi. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Startup layanan keuangan Ghost Financial pada Selasa, 5 April mengumumkan putaran awal investasi saat meluncurkan produk bergaya perbankan ke sektor "ghost kitchen (dapur hantu)" yang sedang berkembang. Restoran model ini didedikasikan untuk melayani pelanggan melalui aplikasi pengiriman makanan.

Ghost yang berbasis di Austin, Texas mengatakan telah mengumpulkan 2,5 juta dolar AS dari investor termasuk HOF Capital, 305 Ventures, Hustle Fund, dan Active Capital. Perusahaan ini menyediakan asuransi, pinjaman, kartu kredit, dan produk keuangan lainnya untuk usaha kecil yang mengoperasikan dapur hantu.

Ketika popularitas pengiriman makanan melonjak selama pandemi, banyak dapur hantu bermunculan untuk memenuhi permintaan tersebut. Mereka terpisah dari restoran duduk atau restoran tradisional dan hanya fokus pada pengiriman makanan yang dipesan. Pebisnis muda seringkali membeli inventaris mereka menggunakan uang tunai, cek atau kartu debit, daripada kartu kredit, yang menurut John Meyer, kepala eksekutif Ghost Financial, justru menghambat pertumbuhan mereka.  

"Apa yang tampaknya kurang adalah lapisan perbankan dan keuangan yang sangat jelas untuk mendukung ... industri dapur hantu," kata Meyer.

Grup restoran besar seperti Wingstop Inc  juga telah menggunakan dapur hantu dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan Reuters, ini karena didorong oleh biaya dimuka yang lebih rendah dan biaya tenaga kerja.

“Meskipun popularitas pengiriman makanan meningkat selama pandemi, tidak ada tanda-tanda tren akan surut,” kata Meyer. Ia juga mencatat bahwa beberapa tokoh populer seperti bintang YouTube, MrBeast, juga telah mulai berkecimpung dalam bisnis di dapur hantu.