Google Akhirnya Memberikan Keterangan Resmi Tentang Steam di Chromebook
Steam chromebook resmi diumumkan (Foto: Steam)

Bagikan:

JAKARTA - Seminggu yang lalu, Google mengumumkan bahwa Steam akan datang ke Chromebook dalam format pengujian alfa yang sangat awal. Namun, selain pengumuman itu, tidak ada detail yang bisa didapat.

Sekarang, Google membuat segalanya sedikit lebih resmi dengan merilis instruksi tentang cara mengaktifkan dan menjalankan Steam di Chrome OS.

Selain itu juga, perusahaan memberikan perincian tentang jenis apa saja perangkat keras yang didukung, gim yang seharusnya berfungsi, serta bug yang mungkin akan Anda hadapi.

Pertama-tama, Anda memerlukan perangkat yang didukung Steam, dan itu hanya tersedia untuk beberapa Chromebook. Google mengatakan bahwa Anda akan memerlukan perangkat dengan Intel Iris Xe Graphics, processor Core i5 atau i7 generasi ke-11 dan setidaknya RAM 8GB.

Google secara khusus mengatakan bahwa konfigurasi dengan prosesor Intel i3 atau RAM 4GB tidak didukung. Untuk alfa, hanya perangkat berikut yang didukung:

  1. Acer Chromebook 514 (CB514-1W)
  2. Acer Chromebook 515 (CB515-1W)
  3. Acer Chromebook Spin 713 (CP713-3W)
  4. ASUS Chromebook Flip CX5 (CX5500)
  5. ASUS Chromebook CX9 (CX9400)
  6. HP Pro c640 G2 Chromebook
  7. Lenovo 5i-14 Chromebook

Setelah memastikan perangkat keras Anda didukung, Google mengatakan Anda harus mengalihkan Chromebook ke saluran Dev. Google juga memperingatkan bahwa Anda tidak boleh melakukan ini dengan perangkat keras yang Anda andalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Selanjutnya, Anda harus mengaktifkan bendera tertentu di Chrome serta mengetikkan beberapa perintah ke terminal Crosh Chrome OS. Google mengatakan Anda dapat menemukan petunjuk lengkap di Chromium.org.

Setelah Anda menginstal Steam, ada sekelompok besar gim yang telah dicoba oleh Google dan di sarankan untuk dicoba juga oleh penguji. Gim tersebut adalah Portal 2, Dota 2, Team Fortress 2 dan Half-Life 2.

Adapun gim lain yang disarankan Google untuk dicoba seperti Celeste, Hades, Cuphead, TEKKEN 7, Fallout 4 dan masih banyak lagi.

Google mencatat bahwa Steam akan menginstal dan menjalankan versi Linux dari gim yang Anda pilih secara default, kalau itu tersedia.

Jika Anda memiliki salah satu dari sedikit Chromebook yang didukung dan ingin mencobanya, Anda dapat melakukannya sekarang, tetapi pastikan Anda telah mencadangkan file lokal apa pun di perangkat Anda sebelum mengambil risiko.