Alasan Iklan iPhone Selalu Menunjukkan Pukul 9.41?
Ilustrasi peluncuran iPhone (engadget)

Bagikan:

JAKARTA - Tak dipungkiri jika kehadiran perangkat buatan Apple selalu dinantikan oleh banyak orang. Namun sadarkah kalian jika setiap tampilan iklan produk Apple akan selalu menunjukkan pukul 9.41. Mengapa demikian?

Pasalnya hampir di semua lini produk Apple, entah itu di iPhone, MacBook, iPad hingga Apple Watch akan selalu menunjukkan waktu yang sama, yakni pukul 9.41 AM atau 09.41 pagi.

Ternyata pemilihan angka itu bukan asal-asalan. Rupanya pukul 9.14 tersebut memiliki makna tersendiri yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Iklan Produk Apple

Sebab pada pukul 9.41 di tanggal 9 Januari 2007, Steve Jobs untuk pertama kalinya memperkenalkan iPhone ke khalayak umum dalam ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat (AS). 

Menurut mantan petinggi Apple, Scott Forstall, waktu 9.41 yang sengaja ditampilkan pada setiap layar produk Apple, sebagai pengingat kapan perangkat fenomenal ini pertama kali diluncurkan ke hadapan publik. Bahkan disampaikannya, setiap sesi keynote (presentasi) dari ekosistem Apple akan dimulai tepat pada angka 40 menit.

"Sesi keynote iPhone dan iPad selalu kami atur jadi 40 menit. Setelahnya, produk akan resmi kami perlihatkan. Jadi, kami set waktunya ke 9.41 AM," tutur Forstall, seperti dirangkum dari Engadget, Rabu, 23 September.

Menariknya sebelum Apple memilih angka 9.41 sebagai tampilan jam default untuk setiap iklan produknya. Ternyata, waktu Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama justru berbeda, yakni pada pukul 9.42 AM. 

Liveblog Steve Jobs di MacWorld (Engadget)

Forstall mengatakan, kala itu Jobs selalu menyisakan waktu 1 menit agar presentasinya bisa selesai sedikit lebih 'molor' dan memberikan jeda sesaat peluncuran iPad generasi pertama. 

"Setelah iPad generasi pertama hadir, barulah kami atur waktu jadi 40 menit. Jadi, semua produk Apple yang kamu lihat memberitahukan waktu yang akurat, sesuai dengan alur keynote," pungkasnya.

Hingga saat ini tampilan jam 9.41 masih tetap digunakan Apple untuk iklan produk terbarunya. Bahkan saat Apple meluncurkan smartphone generasi terbarunya yaitu iPhone 11, mereka masih menunjukkan pukul 9.41.

Sekalipun pada saat peluncurannya, acara Apple tak lagi dimulai pada pukul 9.41. Raksasa Cupertino itu tetap menghormati angka tersebut, sebagai cikal bakal kesuksesan mereka yang diraih oleh Apple saat ini.