Komunitas Uang Kripto Tolak Disebut Tak Patuhi Sanksi Ekonomi, Ini Alasannya!
Industri uang kripto dianggap tak patuhi sanksi ekonomi Barat. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Pengiat Cryptocurrency kembali bersikap defensif di tengah peringatan dari anggota parlemen AS dan Eropa, bahwa perusahaan aset digital dianggap tidak memenuhi tugasnya untuk mematuhi sanksi Barat yang dikenakan pada Rusia setelah invasi negara tersebut ke Ukraina, akhir Februari.

Kritik ini telah membuat industri uang kripto  berebut untuk mendapatkan kembali kendali atas narasi, dengan banyak eksekutif frustrasi karena rezim kepatuhan yang berlaku di bursa terkemuka, seperti Coinbase dan Binance, kini dipertanyakan.

Pada saat yang sama, pengawasan yang meningkat dapat menjadi momen penting bagi sektor ini untuk membuktikan bahwa keuangan bukanlah "Barat Liar" seperti yang digambarkan oleh regulator.

"Ini adalah kesempatan bagi industri (kripto) untuk menunjukkan bahwa industri ini matang dan tahu bagaimana mengelola risiko dengan benar," kata Matt Homer, seorang eksekutif di perusahaan modal ventura Nyca Partners, seperti dikutip Reuters.

Komunitas uang kripto  sebagian besar telah tertangkap basah tidak mematuhi sanksi kepada Rusia, ketika Amerika Serikat dan sekutunya bergerak untuk menjatuhkan sanksi besar-besaran terhadap bank, elit, dan perusahaan negara asal Rusia lainnya.

Tidak seperti perusahaan pembayaran lainnya, pertukaran crypto telah menolak permintaan untuk memutuskan semua pengguna Rusia, dengan mengatakan bahwa keputusan itu bertentangan dengan nilai-nilai libertarian industri. Sikap ini, memicu kekhawatiran di antara pejabat Eropa dan anggota parlemen AS bahwa aset digital dapat digunakan untuk menghindari sanksi.

Senator AS Elizabeth Warren menuduh bahwa banyak pertukaran dan dompet kripto memiliki kontrol kepatuhan yang lemah dan tidak mengumpulkan data tentang identitas pelanggan.

Akan tetapi para eksekutif di bursa termasuk Kraken, FTX, Coinbase dan Gemini, serta kelompok perdagangan industri, mengatakan bukan itu masalahnya.

"Retorika ini tidak akurat," kata Elena Hughes, kepala kepatuhan di Gemini. Ia   menambahkan bahwa perusahaan menyaring klien seperti perusahaan keuangan lainnya. "Kami telah mendedikasikan banyak sumber daya untuk memastikan bahwa kami memiliki kontrol yang tepat (dan) bahwa kami telah melakukan semuanya dengan benar," ucap Hughes.

Pada Senin, 7 Maret, Coinbase mengeluarkan blog panjang yang merinci kontrolnya atas perdagangan kripto. Mereka mencatat bahwa mereka  telah memblokir lebih dari 25.000 alamat yang terhubung dengan individu atau entitas Rusia yang diyakini terlibat dalam aktivitas ilegal.

FTX US, pertukaran uang kripto yang berbasis di Chicago, mengatakan mereka mengoperasikan beberapa lisensi yang diatur dan terus "mengimplementasikan dan mematuhi dengan ketat" semua sanksi.

"Sebagian besar, sebagian besar perusahaan ini sudah memiliki sistem yang sangat kuat, dan sangat mudah bagi mereka untuk mematuhi sanksi, sama seperti lembaga keuangan lainnya," kata Kristin Smith, direktur eksekutif Asosiasi Blockchain.

Sejak awal, komunitas mata uang kripto  menggembar-gemborkan aset digital sebagai kendaraan untuk transaksi anonim, dan banyak tindakan penegakan federal untuk penipuan, pencucian uang, dan penawaran koin yang tidak terdaftar hanya memperkuat persepsi bahwa perusahaan crypto cenderung melanggar hukum.

Akan tetapi karena semua harga  cryptocurrency melonjak melewati  3 triliun dolar AS tahun lalu dan lebih banyak orang Amerika berinvestasi di kelas aset ini, industri telah mencoba untuk melepaskan citra buruknya dengan meningkatkan kredensial kepatuhannya secara keseluruhan.

Sementara anggota parlemen khawatir tentang penghindaran sanksi kripto, pejabat administrasi Presiden AS Joe  Biden mengatakan mereka tidak percaya aset digital dapat digunakan untuk menghindari semua pembatasan.

Departemen Keuangan AS telah menghubungi beberapa pertukaran kripto dan kelompok perdagangan untuk menjelaskan ekspektasinya terhadap kepatuhan sanksi dan untuk membuat jalur komunikasi jika ada pertanyaan.

Sumber  yang tak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa para pejabat terkesan dengan mayoritas kontrol kepatuhan perusahaan.

“Bagi banyak bursa, risiko tidak mematuhi aturan yang ada adalah "eksistensial," kata Charles Delingpole, chief executive officer di ComplyAdvantage, sebuah perusahaan teknologi anti pencucian uang yang bekerja dengan beberapa perusahaan kripto terkemuka, termasuk Binance dan Gemini.

"Tidak hanya dalam hal didenda (dan) akses kliring dolar dihapus," katanya. "Jika Anda mencuci uang, yang merupakan sisi lain dari ini, ada reaksi besar dari publik terhadap perusahaan yang terlihat memfasilitasi aliran uang ilegal."