Penggalangan Dana Bantuan Uang Kripto untuk Ukraina Capai Rp1,5 Triliun, Akun dari Rusia Juga Bantu
Uang kripto semakin naik daun digunakan untuk bantu Ukraina. (foto: dok. blog.kraken.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Rabu, 9 Maret, total sumbangan uang kripto  di alamat dompet pemerintah Ukraina, dari amal dan upaya bantuan lain yang dilacak oleh Cointelegraph telah mencapai  108 juta solar AS (Rp 1,5 triliun).

 Tiga penerima teratas dari dana tersebut adalah alamat dompet Bitcoin dan Ethereum, resmi dari pemerintah Ukraina, dan alamat donasi BTC untuk Come Back Alive.

Pada hari yang sama, Kraken mengumumkan bahwa mereka akan mendistribusikan lebih dari 10 juta dolar AS ( Rp 143 miliar) kepada klien yang membuat akun dari Ukraina sebelum 9 Maret untuk upaya bantuan.

Terlepas dari saldo akun mereka, klien Kraken di Ukraina akan menerima masing-masing  1.000 dolar AS (Rp143 juta ) dalam BTC selama tahap pertama pencairan dana, yang dapat segera ditarik.

Pertukaran uang kripto ini juga membebaskan biaya pertukaran mata uang untuk penarikan hingga 1.000 dolar AS.

"Cryptocurrency tetap menjadi alat kemanusiaan yang penting, terutama pada saat banyak orang di seluruh dunia tidak dapat lagi mengandalkan bank dan kustodian tradisional," kata Jesse Powell, CEO Kraken,  mengenai paket bantuan itu.

Dana akan didistribusikan sepanjang tahun, sebagian untuk memberikan waktu bagi penduduk Ukraina untuk menyelesaikan proses verifikasi "Menengah" Mengenal Pelanggan Anda. Mungkin ironisnya, biaya yang dikumpulkan dari akun Kraken yang berbasis di Rusia sebagian juga akan mendanai paket bantuan.

Bored Ape Yacht Club, atau BAYC, juga bergabung dalam upaya penggalangan dana crypto untuk Ukraina pada Rabu, 9 Maret. Setelah mengumpulkan hampir 1 juta dolar (Rp14,3 miliar) dalam ETH dari dompet yang berisi token BAYC yang tidak dapat dipertukarkan. Pengembang di belakang BAYC mengatakan itu akan menyamai kontribusi sumbangan ETH 1 juta dolar AS dari mereka sendiri.

Kontribusi penting lainnya juga muncul dari  Dana Bantuan Darurat Ukraina dari Binance, yang telah menerima lebih dari  11,3 juta dolar AS (Rp 161 miliar) dalam bentuk BTC, BNB, dan Binance USD sejak awal.

Selain itu, selama pembaruan terakhirnya pada 3 Maret, tampaknya Dana Kripto Ukraina dari Kuna telah menerima lebih dari  14 juta dolar AS (Rp 200 miliar) dalam altcoin utama seperti Polkadot (DOT), Tether (USDT), Candle (CNDL), USD Coin (USDC) dan Dai (DAI).