Cara Translate Aksara Jawa
Translator Aksara Jawa, mudah untuk digunakan. (foto: tangkapan layar kompiwin.com)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia terkenal mempunyai keberagaman yang sangat berlimpah. Di dalamnya terdiri dari beberapa ras, suku, agama, budaya, dan bahasa. Semua terbagi dalam beberapa bagian pulau, hingga setiap pulau mempunyai ciri khas tradisi masing-masing.

Menjadi salah satu warisan budaya di tanah Jawa, Aksara Jawa wajib dilestarikan dan diturunkan kepada anak cucu agar tidak punah. Budaya dalam bentuk tulisan ini telah memiliki sejarah yang panjang, dan jejaknya dipercaya merupakan turunan Brahmi di Indonesia.

Hingga kini Aksara Jawa perlahan mulai menyesuaikan tren perkembangan jaman. Tulisan maupun bahasa yang disebut leluhur milik orang Jawa kuno ini, sekarang dapat dioperasikan melalui aplikasi khusus seperti translator latin ke Aksara Jawa, begitu pun sebaliknya.

Aplikasi Translate Aksara Jawa

Perkembangan teknologi, membuat banyak penggiat teknologi untuk mengembangkan aplikasi dalam rangka melestarikan budaya. Website kompiwin.com  saat ini sudah membuat aplikasi Translator Aksara Jawa yang dapat Anda gunakan untuk melakukan translasi dari Aksara Jawa ke Latin atau sebaliknya.

Ketika menggunakan aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas instan termasuk huruf Aksara Jawa itu sendiri, pasangan, sandhangan dan angka dalam tulisan aksara. Selain untuk translasi, aplikasi tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai generator (pembuat) huruf Aksara Jawa saat mengetik.

Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat mudah untuk dipahami dan dimengerti. Selain itu, tombol-tombol yang tersedia juga mudah untuk dipahami dan digunakan. Aplikasi translate Aksara Jawa ini berbasis online tools. Jadi tidak perlu mengunduh atau melakukan instalasi ke dalam perangkat Anda.

Di dalam halaman online tools juga menyediakan informasi terkait dengan sejarah tulisan Aksara Jawa secara singkat. Diikuti dengan kamus Aksara Jawa lalu disertakan juga angka dalam bentuk aksara, sehingga Anda bisa sekaligus belajar serta menghafal huruf aksara tersebut.

Hasil translate akan muncul pada bagian bawah lengkap dengan perintah tombol salin, untuk menyalin hasil translate yang sudah anda konversi di atas. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak cara translate Aksara Jawa di bawah ini.

Cara Translate Aksara Jawa

Untuk melakukan translate Aksara Jawa menggunakan aplikasi dari Kompiwin ini sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Translator Aksara Jawa dari Kompiwin.

  1. Pertama, silahkan Anda kunjungi translate Aksara Jawa.
  2. Tunggu hingga tampilan halaman terbuka dengan sempurna. Di sini juga tersedia kamus Aksara Jawa lengkap beserta angka dalam Aksara Jawa.

3. Gulir layar ke bawah sampai anda berada di kotak translator.

4. Pertama ketuk tombol Pilih Bahasa.

5. Di sini akan tersedia dua pilihan entah dari Latin -> Aksara Jawa atau Aksara Jawa -> Latin. Silahkan tentukan salah satu.

6. Ketik pada bagian kotak teks yang disediakan.

7. Aktifkan Spasi atau nonaktifkan Spasi sesuai kebutuhan anda masing-masing.

8. Sertakan huruf é jika dibutuhkan.

9. Langkah terakhir tinggal ketuk Translate Sekarang.

10. Hasilnya bisa anda lihat pada bagian kotak di bawahnya. 

11. Ketuk tombol Copy untuk menyalin teks.

Akhir Kata

Perkembangan dunia teknologi yang sudah semakin canggih menghadirkan serbuan online tools yang dapat mengubah kalimat latin ke dalam Aksara Jawa dengan mudah, cepat, serta akurat.

Teknologi seperti ini sekaligus menjadi salah satu bentuk melestarikan tulisan Aksara Jawa dan mendekatkan kepada masyarakat awam tentang budaya Jawa.

Sebarkan cara translate Aksara Jawa berikut ke semua orang, agar mereka tahu bahwa ada aplikasi praktis seperti ini. Semoga bermanfaat.