Kripto Harus Hancur Supaya Web3 Bisa Muncul, Kata Tim O’Reilly
Kripto disebut-sebut harus gagal seperti dot-com supaya web3 muncul. (The-Blockchain)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu intelektual top Silicon Valley yang mempopulerkan istilah Web 2.0”, Tim O’Reilly baru-baru ini mengeluarkan pernyataan menarik terkait kripto dan Web3. O’Reilly menyatakan bahwa Web3 akan muncul setelah gelembung kripto meletus. Oleh karena itu, mata uang kripto harus terlebih dulu mengalami kegagalan seperti bubble dot-com.

“Web 2.0 bukan nomor versi, itu adalah kedatangan web kedua setelah kegagalan dot-com. Saya tidak berpikir kita akan dapat memanggil Web3 “Web3” sampai setelah crypto pecah. Karena hanya dengan begitu kita bisa melihat apa yang bertahan.

Dilansir dari U.Today, O’Reilly ingat bahwa banyak perusahaan yang memiliki penilaian selangit terhadap kripto meskipun memberikan sedikit dampak ekonomi, atau bahkan tidak berdampak sama sekali. Dia menyebut bencana Pets.com sebagai contoh yang paling menonjol.

Ketika membahas kripto, dia ingin melihat proyek apa yang akan bisa bertahan setelah gelembung pada akhirnya akan meledak dan pendanaan yang tidak pandang bulu akan hilang begitu saja.

O'Reilly percaya bahwa industri harus fokus pada adopsi aktual daripada angka penilaian. Dia juga mengakui bahwa sentralisasi ada di mana-mana. Pelopor teknologi, yang memiliki kecenderungan untuk melihat tren yang mengganggu, mempermasalahkan sentralisasi ekstrem di ruang kripto yang konon menghargai desentralisasi.

“Jadi, saya kira saya baru saja melihat pola itu berulang begitu sering sehingga ketika semua orang mulai berbicara tentang desentralisasi dan cryptocurrency, saya segera mencari sentralisasi. Dan Anda melihatnya di mana-mana.”

O’Reilly mengatakan crypto menghargai pertukaran terpusat, penerbit token, dan pasar NFT. Pengusaha teknologi berpikir bahwa Big Data dan AI lebih menarik dari sudut pandang desentralisasi ketimbang kripto.

Web3 adalah istilah umum untuk layanan yang dibuat untuk iterasi baru internet, telah menjadi topik pembicaraan yang populer dan menarik perusahaan modal ventura untuk menggelontorkan dana untuk Web3. Selain itu, Web3 juga telah menimbulkan banyak kritikan dari sejumlah tokoh di bidang teknologi seperti Elon Musk dan Jack Dorsey.