Bagikan:

JAKARTA - Apple AirTags diluncurkan untuk melindungi dan melacak barang-barang yang hilang. Akan tetapi kini  pencuri mobil juga menggunakannya untuk keuntungan mereka. Tren baru mencuri mobil mewah melalui Apple AirTags kini mendapatkan momentum. Insiden semacam itu muncul pertama dari Kanada, tetapi sekarang daerah  dan negara bagian lain di AS juga melaporkan tren serupa.

Bagaimana Pencuri Mencuri Mobil Menggunakan Apple AirTags?

Menurut Jalopnik, seorang pria di Detroit, Michigan, baru-baru ini membeli Dodge Charger baru dan saat mengemudi keluar dari pusat perbelanjaan, menerima pemberitahuan di iPhone-nya bahwa AirTag ada di dekatnya. Hal ini terjadi karena pencuri mobil telah menanam AirTag di bawah kendaraan untuk mencari keberadaannya.

Akn tetapi mengapa pencuri mobil menggunakan metode berteknologi tinggi untuk mencuri mobil? Melanggar kendaraan di tempat umum menarik perhatian. Pencuri mobil merasa lebih mudah untuk menanam AirTag di area yang tidak terlihat di mobil seperti di dalam bumper mobil, di bawah mobil, atau di port sambungan listrik eksternal kendaraan.

Setelah AirTag ditanam di tempat yang tepat, pencuri kemudian melacak mobil melalui AirTag dan kemudian mencurinya dari jalan masuk pemilik atau tempat parkir pribadi.

Tips untuk Tetap Aman Dari Pencurian Terkait AirTag

Apakah Anda memiliki mobil mewah dan khawatir dengan keamanannya? Kiat-kiat berikut dapat membantu:

- Sebagian besar kendaraan yang dilacak oleh pencuri, dicuri di jalan masuk, maka parkirlah kendaraan di garasi yang terkunci jika memungkinkan.

- Gunakan kunci roda kemudi untuk mencegah pencuri mencuri kendaraan Anda.

- Pasang kunci pada port data. Kunci ini mencegah akses ke port komputer sehingga pencuri tidak mendapatkan akses untuk memprogram ulang kunci mobil Anda.

- Beli kamera keamanan yang ditempatkan pada posisi strategis di properti Anda, dan dapat mengingatkan Anda jika ada aktivitas yang mencurigakan.

- Periksa mobil Anda secara teratur dan beri tahu pihak berwenang jika Anda melihat ada perangkat atau aktivitas yang mencurigakan.

- Anda juga dapat menggunakan AirTag di mobil Anda untuk menemukannya jika dicuri. Dengan cara ini Anda akan dapat melacak mobil Anda selama beberapa waktu sebelum pencuri mendapatkan pemberitahuan di iPhone mereka.

- Pelajari cara menggunakan dan mengoperasikan AirTag agar Anda cepat merespons potensi pencurian mobil.

- Selain kiat-kiat ini, selalu ingat bahwa pencuri memasang AirTag di lokasi yang tersembunyi dan sulit ditemukan, seperti bumper belakang, di mana Anda sangat tidak mungkin mendengarnya mengeluarkan suara.

Tetap Waspada untuk Apple AirTag Alert

Jika Anda memiliki iPhone dan kendaraan mewah, tetap waspada saat berkendara. Perhatikan pemberitahuan apa pun di iPhone Anda segera, dan cari di sekitar untuk melihat apakah AirTag asing bepergian bersama Anda.

Meskipun tidak ada yang salah dengan mengendarai mobil yang menarik, menjaganya agar tetap aman dari pencuri adalah yang terpenting!