Nike Beli Perusahaan Sneakers Virtual, RTFKT, untuk Menandai Jejak  di Dunia Metaverse
Nike mulai menandai jejak mereka di dunia Metaverse. (foto: nike)

Bagikan:

JAKARTA – Nike Inc menyatakan pada Senin, 13 Desember bahwa mereka telah membeli perusahaan sepatu kets atau sneakers virtual, RTFKT,  dengan angka yang tidak diungkapkan. Raksasa produk apparel olahraga asal AS itu ingin segera memperluas jejaknya di "metaverse" yang saat ini tumbuh cepat.

Bulan lalu, Nike menjadi salah satu merek besar pertama yang memasuki dunia maya bersama yang menjadi terkenal setelah Facebook Inc baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc.

Dalam lingkungan berbasis blockchain seperti itu, pengguna dapat membeli tanah virtual dan aset digital lainnya seperti pakaian untuk avatar dalam bentuk aset kripto yang disebut token non-fungible (Non Fungible-Token).

Dibentuk pada tahun 2020 oleh Benoit Pagotto, Chris Le dan Steven Vasilev, RTFKT juga membuat koleksi dan meme NFT, menurut situs webnya.

"Akuisisi ini merupakan langkah lain yang mempercepat transformasi digital Nike dan memungkinkan kami untuk melayani atlet dan pencipta di persimpangan olahraga, kreativitas, permainan, dan budaya," kata Chief Executive Officer Nike John Donahoe dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Reuters.

Masuknya Nike ke dalam dunia metaverse dan blockchain sekaligus, menandai  pergeseran besar telah terjadi dalam industri olahraga. Saat ini banyak klub sepak bola yang juga telah memasuki dunia blockchain. Namun terlihat belum ada yang memasuki dunia metaverse.