Apple Rilis Versi Beta iOS 15.2 dengan Tambahan Fitur Keamanan untuk Anak
Apple perkenalkan fitur keamanan anak di iOS 15.2 (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Apple telah merilis versi beta kedua dari iOS 15.2, dan memperkenalkan fitur keselamatan anak yang mengaburkan gambar eksplisit di aplikasi Pesan dengan melakukan pemindaian pada gambar yang masuk dan keluar.

Apple mengumumkan fitur tersebut awal tahun ini sebagai bagian dari tujuan “Perlindungan yang Diperluas untuk Anak-anak” dengan tujuan melindungi anak-anak kecil yang menggunakan perangkat dan layanan dari Apple.

Perusahaan awalnya mengumumkan bahwa foto yang berpotensi berbahaya akan diburamkan dan peringatan di layar akan muncul tentang bahaya membuka gambar tersebut. Itu juga akan disertai dengan sumber daya yang dapat membantu anak-anak tetap aman dan menghindari perilaku predator oleh aktor jahat. Jika pengguna mencoba mengirim konten bermasalah seperti itu, ada ketentuan untuk memperingatkan orang tua setelah menunjukkan peringatan terlebih dahulu.

Dengan peluncuran iOS 15.2 Beta 2, Apple akhirnya merilis fitur tersebut setelah penundaan awal karena masalah privasi dan keamanan. Apple mengklaim bahwa pemindaian gambar dilakukan di perangkat menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan apakah gambar yang dikirim atau diterima berbahaya.

Lebih penting lagi, Apple memastikan bahwa fitur itu tidak mendapatkan akses ke Pesan, berkat lapisan enkripsi yang telah diterapkan. Namun, pendukung privasi dan keamanan siber sebelumnya telah memperingatkan bahwa teknologi pemindaian bertentangan dengan prinsip privasi pertama yang diiklankan Apple dan itu akan menjadi preseden untuk perilaku yang lebih mengganggu di masa depan.

Area lain yang menjadi perhatian adalah bagaimana fitur itu dirancang. Ketika gambar bermasalah diterima di Pesan, itu akan kabur dan membukanya akan mengingatkan orang tua. Peringatan orang tua serupa akan dipicu saat pengguna mencoba mengirim gambar sensitif.

Namun, para ahli keselamatan anak dan lainnya memperingatkan tentang peringatan ini, dengan alasan bahwa semua wali tidak selalu memperhatikan kepentingan terbaik anak dalam semua kasus, dan peringatan ini sebenarnya bisa berakhir dengan lebih banyak kerusakan daripada manfaat yang ingin mereka tawarkan dalam mengekspos anak-anak kepada orang tua atau wali yang kasar.

CNET melaporkan bahwa Apple telah mengubah cara kerja sistem peringatan untuk fitur keamanan anaknya di Pesan. Apple sekarang akan membiarkan anak-anak memutuskan apakah mereka ingin orang tua mereka mendapatkan peringatan keamanan setelah menerima gambar yang dianggap sensitif.

Prompt yang disebutkan di atas akan berbeda dari contoh di mana pengguna memilih untuk menghapus gambar yang bermasalah dari pada melihatnya. Fitur keselamatan anak telah tiba sebagai bagian dari pembaruan beta, yang menunjukkan bahwa Apple masih menguji fitur ini.

Selain itu, UI mungkin terlihat berbeda dan beberapa aspek mungkin juga berubah jika, dan kapan, dirilis secara luas. Untuk diingat, Apple harus menunda rencana pemindaian foto iCloud menyusul protes dari para ahli dan bagaimana hal itu membuka “pintu” perilaku pengawasan pada ekosistem perangkat dan layanan Apple.