Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil Jerman BMW menghadapi situasi kurang menyenangkan dengan harus menarik kembali (recall) beberapa versi sedan listrik i4 Gran Coupe di Amerika Serikat (AS).

Langkah ini diambil setelah ditemukan masalah serius pada rangka sasis yang berpotensi membahayakan.

Menurut laporan dari InsideEVs, Selasa, 3 September, recall ini melibatkan total 1.150 kendaraan, yang terdiri dari model BMW i4 eDrive40, i4 xDrive40, dan i4 M50 spesifikasi AS yang diproduksi antara 7 Maret hingga 27 April 2024. Keputusan ini diambil setelah beberapa bulan sebelumnya BMW juga melakukan penarikan terpisah untuk model i4 dan i5 terkait masalah baterai.

Masalah utama yang menjadi alasan penarikan kembali ini adalah adanya kekeliruan dalam produksi rangka sasis longitudinal di sisi kiri belakang kendaraan. Menurut laporan dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, rangka tersebut tidak diproduksi sesuai spesifikasi oleh pemasok, yang berpotensi menyebabkan retakan. Retakan ini bisa mengakibatkan gangguan serius pada rangka, terutama jika terjadi kecelakaan, yang dapat merusak area kursi baris kedua dan komponen bertegangan tinggi, meningkatkan risiko cedera dan kebakaran.

BMW menyatakan bahwa mereka belum menerima laporan keluhan pelanggan atau insiden kecelakaan terkait masalah ini. Namun, sebagai tindakan pencegahan, BMW akan mengganti komponen yang terpengaruh secara gratis di seluruh jaringan dealer resminya