Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif dari China, Chery kembali tuai hasil positif melalui crossover Omoda 5. Model tersebut meraih penilaian lima bintang dalam uji tabrak ASEAN NCAP untuk protokol penilaian 2021-2025 dengan skor keseluruhan 88,64.

Protokol penilaian ASEAN NCAP 2021-2025 kini mencakup empat domain penilaian, dengan Adult Occupant Protection (AOP) 40,00 poin dari skor keseluruhan, dan Child Occupant Protection (COP), Safety Assist (SA), serta Motorcyclist Safety (MS).

Dilansir dari laman resmi ASEAN NCAP, Selasa, 13 Agustus, mobil tersebut memperoleh penilaian impresif dari berbagai kategori, terdiri dari AOP dengan skor 36,77 poin dan COP dengan 17,36 poin.

Selain itu, mobil bergaya futuristis ini juga meraih penilaian yang baik dalam kategori SA dengan 19,51 poin dan MS dengan 15,00 poin.

Mobil ini memiliki sejumlah perlengkapan keselamatan pasif standar terdiri dari enam airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic stability control, seat-belt reminder, dan rear seat occupant detection.

Selain itu, Chery Omoda 5 tersebut memiliki sistem autonomous emergency braking, blind sport detection, auto high beam, dan pedestrian protection.

Crossover tersebut juga memiliki perlengkapan lainnya yang membuat penggunanya merasa aman, seperti lane departure warning, forward collision warning, dan lane keeping assist.

Varian yang diuji adalah Omoda 5 H, berasal dari Malaysia dan ditujukan untuk pasar termasuk Brunei, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Di Indonesia, pabrikan dari China ini menyediakannya dalam sejumlah varian, terdiri dari Z dan RZ. Keduanya dibekali dengan mesin 1,5 liter turbocharged 4-silinder segaris berpenggerak roda depan digabungkan dengan transmisi CVT.

Chery juga meluncurkan Omoda 5 GT yang lebih sporty dengan mesin 1,6 liter turbocharged 4-silinder segaris digabungkan dengan transmisi tujuh percepatan dual-clutch dengan pilihan penggerak roda depan dan semua roda.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) menjualnya dengan harga mulai dari Rp334,8 juta untuk varian Z dan Rp404,8 juta untuk tipe RZ.

Sementara itu, Omoda 5 GT dibanderol mulai dari Rp453,8 juta untuk tipe FWD hingga termahalnya mencapai Rp493,8 juta pada varian AWD.