Bagikan:

JAKARTA - Honda Motor Co., Ltd. (Honda) dan Mitsubishi Corporation (Mitsubishi) mengumumkan pendirian perusahaan patungan baru bernama ALTNA Co., Ltd. (ALTNA). 

Mengutip rilis Honda Global, 13 Juni, ALTNA didirikan dengan tujuan untuk menyelesaikan tantangan terkait implementasi sosial EV dan mewujudkan masyarakat bebas karbon.

Pembentukan ALTNA dilandaskan pada nota kesepahaman yang telah ditandatangani kedua perusahaan pada Oktober 2023 untuk menciptakan bisnis baru yang berkelanjutan.

ALTNA diharapkan memainkan peran penting dalam mendorong adopsi EV yang lebih luas dan mewujudkan masyarakat bebas karbon yang berkelanjutan.

4

Fokus Utama ALTNA:

  • Mengoptimalkan biaya penggunaan EV: ALTNA akan menawarkan layanan baru yang menggabungkan kepemilikan baterai oleh ALTNA dengan pemantauan kondisi baterai selama masa sewa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai baterai dan mengurangi total biaya kepemilikan (TCO) bagi pengguna EV.
  • Mendorong daur ulang baterai: Baterai EV yang mencapai akhir masa pakai kendaraannya akan dialihkan ke bisnis penyimpanan energi stasioner (sistem repurposed battery storage) untuk memperpanjang masa pakainya dan berkontribusi pada stabilitas jaringan listrik.
  • Memperluas penggunaan energi terbarukan: ALTNA akan mengembangkan layanan pengisian daya cerdas yang memanfaatkan teknologi energi canggih untuk mengoptimalkan waktu pengisian daya EV dan memaksimalkan penggunaan energi terbarukan.

Struktur Bisnis ALTNA:

  • Sewa Baterai: Layanan ini mencakup penyewaan EV dengan baterai yang dimiliki dan dikelola oleh ALTNA.
  • Penyimpanan Energi Repurposed Battery: Bisnis ini berfokus pada penggunaan kembali baterai EV yang sudah habis masa pakainya sebagai sistem penyimpanan energi stasioner.
  • Pengisian Daya Cerdas: Layanan ini memungkinkan pengisian daya EV secara otomatis pada waktu yang paling hemat biaya dan ramah lingkungan.