Bagikan:

JAKARTA - Mengganti oli mesin kendaraan menjadi hal yang wajib dilakukan agar kinerja mesin tetap optimal, apalagi bagi Anda yang suka bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

Namun direkomendasikan juga untuk melakukan engine flush setiap dua kali periode penggantian oli mesin, untuk menghilangkan residu yang tertinggal di dalam komponen tersebut.

"Engine flush itu semacam cairan yang bisa digunakan untuk mempercepat cleaning semua residu oli yang tertinggal," kata Marketing Director PT Motul Indonesia Energy Bayu Kurniawan, baru-baru ini di Jakarta.

Menurut pria yang akrab disapa Bayu ini, setiap oli yang digunakan pada kendaraan akan meninggalkan residu. Sebagai contoh contoh oli kendaraan yang sudah hitam pekat dan kental seperti bubur atau sludge.

"Pengalaman pribadi, contohnya ada Nissan Serena pakai oli pabrikan dan ganti dengan Motul, ketika diganti olinya lalu melakukan engine flush itu rasanya (mesin) lebih smooth," sambung dia.

Untuk cara mengaplikasikannya, komponen cairan tersebut dimasukkan ke tempat pengisian oli lalu menyalakan mesin mobil dan diamkan selama 15 menit, lalu keluarkan cairan tersebut dan masukkan oli baru.

"Maksimal 15 menit menyalakan mesin kendaraan, karena kita tidak ingin oli premium campur dengan residu oli lainya," kata Bayu.

Motul memiliki engine clean moto yang bisa digunakan untuk membersihkan residu, menariknya bisa untuk motor dan mobil.

"Harganya itu kisaran Rp60 ribuan bisa digunakan untuk mobil sekali pakai, dan motor dua sampai tiga kali tergantung kapasitas oli itu sendiri," imbuh Bayu.