Fungsi Relay pada Lampu Mobil: Penting untuk Sistem Kelistrikan dan Penerangan
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Relay adalah komponen penting dalam mobil yang terdapat pada lampu dan sistem kelistrikan. Relay mobil umumnya terdiri dari dua bagian yaitu poin dan kumparan. Pemilik mobil perlu tahu fungsi relay pada lampu mobil dan jenis-jenisnya. 

Bagi Anda yang kerap memasang atau mengganti lampu mobil pastinya mengenal istilah relay. Komponen relay ini kerap diperhatikan ketika head lamp atau lampu utama terlihat redup. Salah satu kegunaan relay adalah untuk membuat headlamp mobil bisa menyala lebih terang. 

Pemasangan relay mobil harus dilakukan dengan presisi dan secara tepat supaya bisa memberikan sistem penerangan yang maksimal. Penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui fungsi relay pada lampu mobil.

Apa Fungsi Relay pada Lampu Mobil?

Relay pada lampu mobil digunakan untuk mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya, seperti headlamp dan klakson. Selain itu, relay juga berfungsi untuk mengendalikan listrik pada mobil supaya tegangan yang dikeluarkan sesuai dan tidak berlebihan. 

Relay mobil memiliki bagian yang terdiri dari empat soket dengan fungsi yang berbeda-beda. Empat soket pada relay ini memiliki nomor masing-masing, yaitu 30, 85, 86, 87. Soket 85 dan 86 berfungsi sebagai bagian elektromagnetik. Sementara soket 30 dan 87 berfungsi sebagai kontak point. 

Berikut ini beberapa fungsi relay pada lampu mobil yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan roda empat:

Menjaga agar Saklar Awet

Salah satu fungsi relay pada lampu mobil adalah untuk menjaga supaya saklar tetap awet. Sistem kelistrikan mobil memiliki aliran listrik yang cukup besar. Adanya relay akan menahan aliran listrik tinggi sehingga tidak langsung melalui saklar. Dengan begitu saklar akan memiliki masa pakai yang lebih lama atau tidak mudah rusak karena tegangan tinggi. 

Sebagai Saklar

Relay berperan sebagai electromagnetic switch atau saklar yang dikendalikan oleh magnet listrik. Kumparan pada relay akan menghasilkan gaya magnet jika dialiri oleh listrik yang melalui soket 85 dan 86. 

Pengaman Saklar Utama

Fungsi lainnya dari relay lampu mobil adalah sebagai pengaman saklar utama. Relay akan memutuskan aliran listrik jika sewaktu-waktu terjadi korsleting. Selain itu, relay juga akan menahan timbulnya api ketika ada kelebihan beban listrik atau arus listrik yang terlalu tinggi. Dengan adanya relay, saklar tidak akan mudah rusak karena ditahan oleh relay. 

Menghemat Penggunaan Daya

Relay lampu pada mobil juga berfungsi untuk menghemat penggunaan daya. Adanya relay berperan untuk membuat komponen yang memerlukan listrik menjadi tidak menyedot banyak daya. Komponen yang dimaksud seperti AC, klakson, dan headlamp. 

Bisa disebut bahwa relay sebagai stabilizer bagi komponen listrik yang terdapat pada mobil. Dengan adanya relay maka komponen listrik bisa lebih stabil dan tidak perlu menggunakan daya berlebihan dan menjadi lebih hemat. 

Membuat Lampu Menyala Lebih Terang

Relay lampu pada mobil juga berguna untuk membuat lampu menyala lebih terang. Penambahan relay pada mobil akan menambah kekuatan arus listrik, sehingga lampu bisa mengeluarkan sinar lebih terang dibandingkan ketika tidak memakai relay. 

Meminimalisir Hambatan pada Arus Saklar

Relay juga berfungsi untuk meminimalisir hambatan pada arus saklar. Terkadang mobil bisa mengalami hambatan arus listrik yang akan mempengaruhi kinerja komponen elektromagnetik. Jika kondisi ini terjadi maka lampu mobil tidak bisa menyala lebih terang. Selain itu, hambatan tersebut juga membuat bunyi klakson jadi kurang nyaring. 

Dengan pemakaian relay maka bisa membantu meminimalisir risiko hambatan arus listrik. Pemasangan relay akan memperpendek rangkaian dan membuat arus listrik tidak banyak berkurang. Arus listrik bisa dialirkan secara maksimal ke sejumlah komponen seperti AC, klakson, dan lampu. 

Demikianlah beberapa fungsi relay pada lampu mobil yang perlu Anda pahami. Adanya relay memiliki banyak kegunaan khususnya dalam penerangan, kelistrikan, dan penggunaan daya. Baca juga tren modifikasi mobil 2024

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.