JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan Daihatsu di Indonesia, berhasil menutup tahun 2023 dengan prestasi gemilang dalam penjualan ritel, mencapai 194.108 unit atau meningkat 2,9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya (188.660 unit).
Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), perusahaan mencatat penjualan sebanyak 15.085 unit pada Desember 2023, mengalami kenaikan 2,3 persen dari bulan November yang mencapai 14.752 unit. Namun, angka ini turun 6,9 persen jika dibandingkan dengan Desember 2022.
Tri Mulyono, Head of Marketing & Customer Relations Division PT International Tbk. Daihatsu Sales Operation, menyampaikan terima kasih kepada pelanggan atas kontribusi mereka dan berkomitmen untuk memberikan penawaran terbaik di tahun 2024.
“Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Mulyono dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Senin, 15 Januari.
BACA JUGA:
Secara keseluruhan, Daihatsu Sigra menjadi model dengan penjualan ritel terbanyak di ADM selama 2023, menyumbang 63.285 unit atau 32,6 persen, diikuti oleh Gran Max Pick Up sebanyak 43.896 unit (22,6 persen), dan Terios dengan 24.785 unit (12,8 persen).
Namun, pada penjualan wholesales, perusahaan mencatat 188.000 unit selama tahun 2023, sedikit lebih rendah dari pencapaian tahun 2022 yang mencapai 202.665 unit. Pada bulan Desember, Daihatsu mencatat penjualan sebanyak 12.805 kendaraan, mengalami penurunan dibandingkan November yang mencapai 13.545 unit.