Ciri Kampas Rem Mobil Habis: Begini Penjelasan Beserta Waktu yang Tepat Untuk Menggantinya
Foto ilustrasi. (Gambar assets.firestonecompleteautocare)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mobil sering kita gunakan di jalan yang macet seperti di Ibu Kota Jakarta, tentunya akan menjadi salah satu alasan kenapa kampas rem cepat habis. Hal itu wajar, karena Ketika dalam kondisi itu kita akan sering menarik tuas rem. Kalau sering seperti itu maka hati-hatilah apabila kampas rem kalian habis, bisa berbahaya! Terus seperti apa ciri kampas rem mobil habis?

Dalam keadaan ini, pasti kalian butuh selekasnya melakukan penggantian kampas rem yang baru. Tetapi jangan terburu-buru, belum tentu ciri itu menunjukkan kampas rem habis, masih ada banyak karakteristik yang lain yang butuh kalian perhatikan kala kampas rem habis. Berikut ini beberapa ciri-ciri kampas rem mobil telah habis serta butuh segera diganti.

Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Ada beberapa ciri-ciri kampas rem yang habis serta butuh diganti. Berikut beberapa ciri yang tidak boleh kalian lewatkan karena menandakan kampas rem perlu diganti.

1. Terdengar Suara Berdecit

Apabila timbul suara berdecit ketika melakukan pengereman, ini pula jadi ciri kalau kalian butuh selekasnya mengganti kampas rem. Umumnya bunyi ini semacam suara dari gesekan besi ataupun logam.

Perihal ini terjadi pada waktu kampas rem yang sudah habis cuma menyisakan bagian besi saja.

2. Rem Tidak Pakem

Ketika kampas rem mobil habis, kalian pula tentu bakal merasa kalau rem kendaraan jadi tidak begitu pakem. Perihal ini berlangsung akibat penekanan dari kampas terhadap piringan jadi kurang menyeluruh, sehingga luas penampang dari rem juga jadi lebih kecil.

Hal ini bakal membuat tenaga pengereman yang dihasilkan pula kurang optimal walaupun kalian sudah menekan pedal rem lebih dalam. Bila sudah memasuki keadaan ini, maka kalian wajib waspada serta lekas mengganti kampas rem mobil. Bila dibiarkan pastinya bakal beresiko dapat mengancam nyawa dan membahayakan pengguna jalan yang lain.

Karena mobil jadi lebih susah buat direm, serta bisa memperbesar resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan.

3. Pedal Rem Terasa Bergetar Pada Ketika Diinjak

Seperti yang telah dipaparkan sedikit di atas, kalau pada waktu pedal rem terasa bergetar ketika diinjak, maka bisa jadi petunjuk kalau kampas rem kalian mesti segera diganti. Kampas rem yang habis membuat permukaannya tidak lagi rata, sehingga bakal terasa bergetar.

Piringan cakram rem juga tidak bisa mencengkram secara sempurna, sehingga membuat getaran di pedal rem makin terasa. Pasti hal ini dapat membuat kalian tidak nyaman pada waktu melangsungkan pengereman. Terlebih getaran tersebut nyatanya tidak cuma terasa pada bagian pedal rem saja, tetapi pula berakibat pada bagian setir ataupun kemudi apabila tidak lekas ditangani. Selain tidak nyaman, kondisi ini pula dapat beresiko untuk Kalian serta seluruh penumpang.

4. Pedal Rem Terasa Dalam

Karakteristik kampas rem mobil telah habis berikutnya ialah injakan pedal rem yang terasa lebih dalam dari umumnya. Biasanya keadaan ini bakal kalian rasakan pada waktu bagian kampas rem tromol di bagian roda belakang sudah habis.

Alasannya rem tromol mempunyai pegas pengembali, sehingga pada ketika piston bergerak jauh maka bakal senantiasa kembali ke posisinya semula. Berbeda ketika kampas rem mobil masih tebal, sebab tromol rem dapat tertekan dengan mudah walaupun piston bergerak sedikit saja.

5. Volume Minyak Rem Berkurang

Minyak rem yang berkurang pula dapat jadi salah satu ciri kalau kampas rem mobil sudah menipis ataupun habis.

Minyak rem ini dapat kalian cek lewat kap mobil. Bila kalian menemukan volume minyak turun padahal tidak ada kebocoran, maka besar kemungkinannya kalau kampas rem kendaraan telah habis ataupun menipis.

Perihal ini sebab kampas rem yang menipis bakal memforsir piston bergerak ataupun terdorong lebih jauh serta keluar, sehingga menaikkan ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper yang mengakibatkan minyak rem pula menyusut.

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Kampas Rem Mobil?

Tidak sedikit owner mobil masih kebingungan akan waktu yang tepat buat mengubah kampas rem mobilnya. Mengenali karakteristik serta ciri kampas rem bisa menjadi patokan melangsungkan penggantian kampas rem mobil. Tetapi biasanya, produsen mobil rata-rata telah memastikan jadwal penggantian tiap komponen kendaraan.

Misalnya mengganti kampas rem direkomendasikan pada ketika mobil merambah jarak tempuh 60.000-70.000 kilometer buat model dengan transmisi manual. Sebaliknya mobil dengan transmisi otomatis agenda penggantiannya lebih cepat lagi yakni ketika jarak tempuh 35.000-40.000 kilometer. Hal ini sebab sistem pengereman pada mobil matic memanglah bekerja lebih keras sehingga agenda penggantiannya juga lebih cepat.

Jadi setelah mengetahui ciri kampas rem mobil habis, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, ketikanya merevolusi pemberitaan!