Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beberapa jenis tapak ban mobil yang perlu diketahui oleh pemilik mobil. Selain ukurannya ban yang beragam, pola atau ulir ban mobil pun juga berbeda-beda. Setiap jenis tapak mobil memiliki kelebihan yang berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Ban mobil menjadi komponen penting yang menunjang kinerja dan kenyamanan pemakaian mobil. Salah satu elemen penting yang wajib diperhatikan saat membeli ban mobil adalah ulirnya atau desain tapaknya. Ulir ban ini berfungsi sebagai cengkeraman atau menciptakan presisi saat mobil melaju di jalan yang licin. Selain itu, tapak ban juga berperan membuang air atau pasir secara lebih efektif saat mobil melewati jalan yang berpasir maupun licin. 

Dengan adanya ulir pada ban, maka mobil dapat melewati medan licin dan berpasir dengan baik sehingga terhindar dari risiko kecelakaan. Lantas apa saja jenis-jenis tapak ban mobil yang wajib dipahami?

Jenis-Jenis Tapak Ban Mobil

Setiap produsen ban mobil memproduksi ban dengan desain tapak yang berbeda-beda. Secara umum ada tiga jenis tapak ban mobil yang sering digunakan. Berikut ini jenis-jenis tapak ban mobil beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Pola Asimetris

Pola asimetris merupakan tapak ban mobil dengan desain yang berbeda pada kedua sisi ban. Desain tapak ini bakal memperlihatkan seperti dua ban yang berbeda yang dikombinasikan jadi satu. Pola alur atau ulir ban di sisi bagian luar dan bagian dalam tidak sama. 

Pada jenis tapak ini, umumnya sisi bagian dalam memiliki ulir yang lebih banyak dan lebih kompleks. Sementara sisi bagian luar ban didesain dengan pola yang lebih sedikit atau sederhana. Pola ban ini memiliki fungsi khusus baik pada ulir yang rumit maupun yang sederhana. 

Desain tapak yang rumit atau ramai bertujuan untuk meningkatkan kemampuan cengkeraman lebih kuat saat melalui jalan yang basah atau licin. Sementara pola tapak yang minim atau sederhana pada bagian luar berguna untuk menciptakan akselerasi yang baik pada laju ban di permukaan jalan. 

Ban dengan tapak ini sangat berguna ketika mengendarai mobil di jalan menikung dengan kecepatan tinggi, sebab memiliki cengkraman yang kuat. Namun pastikan pemasangan ban ini tidak terbalik karena sisi luar tidak bisa dipasang di sisi dalam. 

Pola Simetris

Ban dengan tapak simetris merupakan kebalikan dari pola asimetris. Desain tapak ini ditandai dengan adanya tread atau permukaan karet paling luar di ban yang berbentuk simetris pada kedua sisi. 

Pola ulir simetris ini terdapat di sisi dalam dan sisi luar mengelilingi ban dan sepanjang tread. Selain itu, desain pola tersebut juga diterapkan pada blok-blok ban lainnya. Ban dengan tapak ini umumnya digunakan di mobil-mobil model terbaru. 

Banyak pemilik mobil yang menggunakan tapak ini ban menghasilkan suara yang lebih lembut. Jadi gerakan ban tidak menghasilkan suara bising sehingga pengguna lebih nyaman saat mengendarai mobil. Selain itu, desain ulirnya yang seperti gelombang berfungsi untuk membuang air agar ban tetap menapak stabil di permukaan jalan. Ban tapak simetris bisa dipakai untuk berbagai arah berbeda. 

Pola Directional

Ban jenis ini memiliki tapak yang didominasi bentuk V atau pola arah panah. Pada ban ini juga terdapat tanda panah sebagai penunjuk arah rotasi pada sisi-sisi ban. Oleh karena itu, pengguna harus memperhatikan arah penunjuknya agar pemasangan ban bisa tepat. Meski demikian ban ini bersifat fleksibel untuk dipasang dimana saja atau dengan rotasi bebas.

Ban dengan pola directional digemari karena memiliki kemampuan mumpuni untuk menjaga laju mobil. Pola tapak ini didesain untuk dapat memecah air secara efektif sehingga meminimalisir risiko terjadinya aquaplaning saat berkendara di jalan basah. Selain itu, ban ini juga memiliki kekuatan baik untuk mencengkeram jalan yang kering. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis tapak ban mobil yang harus dipahami oleh pemilik kendaraan roda empat. Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pemilik mobil sebaiknya menggunakan ban yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.