Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Kondisi Jalan, Jangan Asal Pakai
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kenyamanan berkendara mobil dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk komponen ban. Selain harus dalam kondisi yang baik, penggunaan ban mobil harus disesuaikan dengan medan jalan yang dilalui. 

Ban tidak cuma berperan sebagai landasan penggerak, namun juga memiliki fungsi sebagai peredam guncangan, pengereman, dan penopang beban. Ban yang baik akan membuat mobil melaju dengan mulus dan stabil. Namun terkadang beberapa kondisi jalan membuat pergerakan ban tidak lancar. 

Setiap jenis ban didesain untuk melintasi medan jalan yang berbeda. Misalnya ban mobil untuk jalan aspal perkotaan, tentunya tidak bisa bekerja optimal ketika melalui jalan off-road. Itulah mengapa tips memilih ban mobil sesuai kondisi jalan perlu dipahami oleh pemilik kendaraan roda empat. 

Tips Memilih Ban Mobil Sesuai Kondisi Jalan

Meski Anda bisa saja menerabas berbagai trek dengan satu jenis ban, namun akan terasa perbedaan di kenyamanan berkendara.  Ada berbagai jenis ban yang bisa dipilih oleh pemilik mobil untuk kebutuhan berkendara. Ban dengan permukaan rata misalnya, akan kurang cocok dipakai melintasi jalan berbatu atau bergelombang.

Dengan menggunakan ban sesuai medan jalan, maka laju mobil akan terasa lebih nyaman dan pengemudi bisa bermanuver dengan lancar. Tak hanya itu, pemakaian ban mobil yang kurang cocok dengan kondisi jalan juga berpotensi menyebabkan permasalahan berkendara seperti selip, kurang gesit, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengganti komponen ini, beriku tips memilih ban mobil sesuai kondisi jalan:

Ukuran dan Tipe

Periksa dimensi ban mobil yang direkomendasikan oleh produsen atau pabrikan. Dimensi ban yang tepat berperan penting dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan saat mengemudi. Pilihlah jenis ban yang cocok dengan gaya mengemudi dan kebutuhan Anda, seperti ban all-season, ban musim dingin, atau ban musim panas.

Ban all-season umumnya dapat digunakan dalam berbagai kondisi cuaca, sementara ban musim panas memberikan cengkeraman yang optimal pada aspal kering. Ban musim dingin, di sisi lain, menawarkan traksi yang lebih baik pada salju dan es.

Profil

Ban dengan profil yang dalam dan alur yang lebih banyak memberikan traksi yang lebih efektif pada permukaan yang basah atau berpasir. Ini sangat sesuai untuk kondisi jalan yang licin atau tidak rata. Ban ini juga dapat meningkatkan kenyamanan mengemudi pada jalan yang rata dan kering.

Alur pada ban berfungsi untuk mengalirkan air saat kendaraan melewati jalanan basah akibat hujan atau genangan air. Alur tersebut tidak mengganggu proses laju mobil dan membantu dalam menjaga traksi, terutama saat bersinggungan dengan permukaan jalan. Tekstur kasar pada alur ban bertujuan untuk meningkatkan gaya gesekan, memudahkan kendaraan melewati berbagai jenis jalan, dan meminimalisir risiko tergelincir.

Indeks Beban dan Kecepatan

Pastikan ban yang Anda pilih sesuai dengan indeks beban dan kecepatan yang direkomendasikan untuk berat dan kecepatan maksimum kendaraan Anda. Informasi ini biasanya tersedia di sisi ban atau dalam buku petunjuk kendaraan.

Kualitas

Pilihlah ban dari merek yang terpercaya dengan reputasi yang baik dalam hal kualitas dan daya tahan. Telusuri ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain untuk mendapatkan informasi tentang performa dan masa pakai ban.

Kondisi Jalan

Jika sering menghadapi jalan berlubang atau tidak rata, pertimbangkan untuk memilih ban yang dilengkapi dengan sidewall atau dinding samping. Jenis ban mobil ini cenderung lebih kokoh. Anda juga bisa memilih ban yang menggunakan teknologi penguat seperti teknologi run-flat.

Untuk kondisi jalan bersalju atau berlumpur, pertimbangkan ban yang memiliki pola alur lebih dalam. Pilihlah jenis ban yang memberikan traksi optimal pada permukaan yang licin. Ingatlah bahwa kondisi jalan yang buruk dapat mempengaruhi kondisi ban Anda. 

Demikianlah sejumlah tips memilih ban mobil sesuai kondisi jalan. Jika Anda masih awam dalam mengenali jenis-jenis ban, Anda bisa bertanya kepada ahli otomotif atau bengkel resminya. Jangan lupa untuk selalu mengecek ban secara berkala atau mengganti jika sudah memburuk. Baca juga cara membaca kode ban mobil sesuai tipe. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.