Bagikan:

JAKARTA - Audi baru-baru ini mengungkapkan fasilitas Vehicle Safety Center yang mengesankan di Ingolstadt, Jerman. Fasilitas megah ini memakan waktu tiga tahun untuk pembangunan dan menghabiskan dana sekitar 100 juta euro, dengan sekitar 100 karyawan berbakat akan berkerja di dalamnya.

Dilansir dari Motor1, Senin, 18 September, pembangunan fasilitas ini memiliki tujuan utama untuk melakukan berbagai jenis uji tabrak terhadap model-model terbaru Audi sebelum diperkenalkan ke pasar.

Sebagai pabrikan otomotif terkemuka asal Jerman, Audi telah melakukan perencanaan yang cermat untuk memastikan pusat ini dapat menjalankan uji tabrak yang melampaui standar keselamatan saat ini.

Fasilitas ini memungkinkan Audi untuk melakukan uji tabrak dalam skala besar dan variasi yang lebih banyak daripada sebelumnya. Gedung ini dilengkapi dengan lantai uji tabrak yang luas, terintegrasi dengan teknologi kamera berkecepatan tinggi yang canggih serta pencahayaan LED yang mutakhir.

Bangunan ini dirancang dengan arena uji tabrak yang memiliki berbagai jalur yang saling bersilangan, memungkinkan produsen ini untuk melakukan simulasi tabrakan antara dua kendaraan. Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan laboratorium tiruan, tempat uji komponen, kantor, dan bengkel.

Tidak hanya itu, bangunan ini juga menampung lebih dari 60 manekin uji tabrak THOR yang digunakan dalam evaluasi. Manekin-manekin ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari yang merepresentasikan anak-anak usia 18 bulan hingga orang dewasa. Bahkan, beberapa dari manekin ini dilengkapi dengan 150 sensor yang mengumpulkan data penting selama uji tabrak.

Audi juga menekankan peran besar simulasi komputer dalam uji tabrak mereka, dengan melakukan puluhan ribu simulasi tabrakan virtual sebelum menciptakan versi prototipe kendaraan.

Semua upaya ini memperkuat komitmen Audi dalam menyediakan kendaraan yang aman bagi konsumennya. Diketahui, Audi telah fokus pada aspek keselamatan selama lebih dari 80 tahun. Perusahaan ini bahkan membuka ruang uji tabrak pertamanya di Ingolstadt pada tahun 1970, yang terus digunakan selama 50 tahun berikutnya.

Hasil dari upaya keselamatan Audi juga terlihat dalam penilaian Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) terbaru, yang memberikan predikat keselamatan tertinggi kepada dua model Audi, yaitu A5 2023 dan Q8 2023 yang berhak mendapatkan penghargaan Top Safety Pick+, bersama dengan beberapa model dari merek lainnya.