Hasil Kualifikasi Piala Asia U-23: Witan Sulaeman Cetak Gol Indah, Indonesia Tetap Kalah dari Australia
Indonesia Vs Australia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia saat keduanya bertemu pada laga leg pertama Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Stadion Republican Central, Tajikistan, Selasa malam. Skuat Garuda kalah 2-3.

Dalam laga ini, skuat Garuda Muda mengandalkan duet penyerang Amiruddin Bagus Kahfi dan Hanis Saghara. Duet ini didukung oleh Witan Sulaeman, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek.

Di belakang mereka, ada Rachmat Irianto yang bertugas sebagai gelandang bertahan. Kwartet bek diisi Pratama Arhan, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga dan sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar.

Indonesia Vs Australia (Foto: PSSI)

Sementara itu, gawang skuat Garuda Muda yang dibesut pelatih Shin Tae-yong dikawal oleh Ernando Ari.

Sejak menit pertama, Australia sudah melancarkan serangan bertubi-tubi ke daerah pertahanan Indonesia. Mereka bahkan berpeluang unggul cepat pada menit keempat.

Lewis Miller dijatuhkan Ramai Rumakiek di kotak penalti, sehingga wasit memberi hukuman penalti untuk Indonesia. Beruntung, eksekusi penalti yang diambil Patrick Wood berhasil ditangkap Ernando. Hingga turun minum, skor masih imbang tanpa gol.

Di babak kedua, Australia tetap melakukan pressing ketat. Mereka mengurung Indonesia dengan mengandalkan keunggulan postur tubuh. 

Skuat Negeri Kanguru yang menurunkan bek Jordan Bos, pemain yang pada 2018 ikut menundukkan Indonesia di perempat final Piala Asia U-16, berkali-kali mengandaskan peluang Indonesia.

Namun, pada menit 52, Australia memimpin berkat sundulan dari Mark Tokich. Mereka bahkan menggandakan keunggulan melalui Patrick Wood berselang empat menit kemudian.

Indonesia Vs Australia (Foto: PSSI)

Indonesia bereaksi. Pada menit 66 tendangan indah Witan Sulaiman dari luar kotak penalti menjebol gawang Nicholas Suman.

Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, anak asuh Shin Tae-yong justru kembali bobol. Kali ini oleh gelandang andalan Australia, Jacob Italiano pada menit 7.

Indonesia berhasil memperkecil kekalahan melalui Taufik Hidayat. Penyerang Persija Jakarta ini mencetak gol pada menit 83. Namun, hasil 3-2 untuk kemenangan Australia tidak berubah hingga wasit menuit peluit panjang tanda laga usai. 

Kedua tim akan kembali bertemua pada leg kedua yang berlangsung Jumat mendatang di tempat yang sama.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Indonesia: Ernando Ari-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam (kapten), Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Amiruddin Bagus, Hanis Saghara.

Timnas U-23 Australia: Nicholas Suman-pg, Jordan Perkins, Jordan Bos, Lewis Miller, Marc Tokich, Fabian Monge, Lachlan Brook, Luke Duzel, Patrick Wood, Jacob Italiano, Adisu Bayew.