Gol Indah Liza Armanita Bawa Papua Sabet Emas Sepak Bola Putri PON XX
Kesebelasan sepak bola putri Papua berhasil meraih medali emas (Foto: PB PON XX PAPUA / Yulius Rianto Gozali)

Bagikan:

JAKARTA - Papua berhasil meraih medali emas cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah pada partai final mengalahkan Jawa Barat 1-0 melalui gol indah Liza Armanita Madjar.

Melansir Antara, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Katapal, Merauke, Senin, kedua tim bermain terbuka dengan menerapkan sepak bola menyerang.

Jawa Barat mengancam pada menit tiga yang berawal dari sepak pojok namundapat digagalkan kiper Papua Agustina Kwano.

Putri Papua yang bermain di bawah dukungan penuh penonton gantian mengancam gawang Jawa Barat melalui tendangan bebas Emmy Clarce Falentina Awes, namun masih dapat diantisipasi kiper Jawa Barat Diyana Herliana.

Jawa Barat kembali menggempur pertahanan Papua melalui Siti Laitpah Nurul Inayah, namun sayang sepakannya masih tinggi di atas mistar gawang Papua

Pada menit ke-18 Jawa Barat kembali berpeluang mencetak gol melalui tendangan bebas pemain bernomor punggung 15 Helsya Maeisyaroh namun tidak menemui sasaran.

Pertandingan berlangsung dalam tempo cepat dan keras. Beberapa kali wasit harus meniup peluit pelanggaran akibat benturan yang terjadi antara pemain kedua tim.

Jawa Barat hampir saja mencetak gol pada menit 45 andai saja sepakan Helsya Maeisyaroh dari luar kotak pinalti gagal dihalau kiper Papua yang bermain gemilang pada babak pertama.

Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama perebutan medali emas antara Papua dan Jawa Barat.

Papua memasukkan dua pemain sekaligus pada awal babak kedua yaitu Liza Armanita Madjar dan Yuliana Ongge untuk menambah daya gedor.

Hasilnya langsung terlihat pada menit ke 73 setelah Liza Armanita Madjar mencetak gol indah dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Jawa Barat. Papua pun unggul 1-0.

Jawa Barat berusaha mengejar ketertinggalan dalam sisa menit babak kedua. Namun hingga satu menit tambahan waktu babak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Papuat. Papua pun berhasil meraih medali emas sepak bola putri PON XX, sedangkan medali perunggu diraih Bangka Belitung setelah mengalahkan DKI Jakarta 3-0.