Barcelona <i>On Fire</i>, Berpesta 4-0 di Kandang Mallorca
Lionel Messi saat beraksi di antara pemain Mallorca (Twitter @fcbarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Arturo Vidal, Martin Braithwaite, Jordi Alba, dan Lionel Messi langsung on fire. Keempat pemain Barcelona ini mencetak gol ke gawang Real Mallorca dalam lanjutan La Liga, Sabtu, 14 Juni waktu setempat.

Tiga bulan sudah sejak pemimpin klasemen Los Blaugrana terakhir kali bermain karena kompetisis ditangguhkan akibat pagebluk COVID-19. Tetapi, mereka hanya membutuhkan kurang dari dua menit untuk mempertahanakan takhta sementara melalui sundulan Vidal.

Braithwaite kemudian melesatkan gol pertamanya untuk klub Catalunya delapan menit sebelum jeda. Laga ini juga menandai kembalinya Luis Suarez dari cedera.

Memasuki menit 79, Alba memperlebar margin gol Barca sebelum pertandingan disegel Messi dengan skor 4-0 pada masa injury time. Dengan hasil ini, Barca unggul lima poin dari Real Madrid yang baru bermain pada Minggu malam.

Tidak ada tanda-tanda berkarat dari mesin pasukan Quique Setien saat Barca langsung unggul setelah laga berjalan 65 detik.

Frenkie de Jong 'merampok' bola yang dikuasai pemain pinjaman Real Madrid Takefusa Kubo di lini tengah. Ia lantas mengirimnya ke kotak penalti yang langsung disambut umpan silang Alba untuk meneruskannya kepada Vidal.

Barca hampir nyaris mengakhiri laga lebih awal saat Braithwaite dan Messi nyaris mencetak gol sebelum akhirnya Mallorca bangkit.

Kubo tampak berniat menebus kesalahannya saat ia memaksa Marc-Andre ter Stegen melakukan penyelamatan brilian dari tepi kotak penalti sebelum dihalau lagi dengan tendangan rendah.

Namun Barca malah menggandakan keunggulan mereka sebelum jeda, Braithwaite secara klinis mengirim bola ke dalam jala lawan setelah melakukan kerja sama apik dengan De Jong dan Messi.

Mallorca hampir menemukan gol pertamanya tak lama setelah babak kedua dimulai. Tetapi, upaya Ante Budimir selalu melebar dari gawang Ter Stegen.

Setien kemudian memainkan Suarez, pertama kalinya sejak Januari akibat cedera lutut. Kehadiran striker Uruguay ternyata memudahkan Messi dalam mengatur pertandingan di mana ia mampu memberi umpan matang kepada  Braithwaite dan Ronald Araujo. Sayang upaya mereka digagalkan penjaga gawang Manolo Reina dan tiang.

Messi tidak melakukan kesalahan kedua dalam memberi assist. Dengan cerdik, ia menjentikkan bola ke atas untuk Alba yang berada dalam posisi on-side. Ia mengeksekusi bola di tiang dekat.

Ada cukup waktu bagi Messi untuk masuk dalam daftar pencetak gol malam tadi. Ia merealisasikannya pada masa injury time saat masuk ke dalam kotak penalti dan menembakkan bola dengan kaki kanan ke gawang Mallorca.