Tolak Rasisme, Hibernian Tunjukkan Aksi Berkelas dengan Hadiahi Arsenal <i>Jersey</i> 'Saka 7'
Jersey Hibernian bertuliskan 'Saka 7' (Twitter @arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal menghadapi Hibernian dalam laga pra-musim di Easter Road, Edinburgh, Selasa, 13 Juli malam. Sebelum pertandingan, klub Skotlandia membuat pesan terpuji yang ditujukan kepada Buklayo Saka, bintang muda The Gunners.

Menyusul pelecehan rasis yang diterima Saka pada Minggu malam karena kegagalan penaltinya dalam kekalahan di final Euro 2020 melawan Italia, Hibernian menempatkan jersey klub bertuliskan 'Saka 7' di samping jersey Arsenal.

Klub London utara itu kemudian mengatakan melalui halaman Twitter resminya: "Solidaritas. (Emoji jabat tangan) @HibernianFC)," diikuti oleh gambar kedua kaus itu berdampingan. Lalu, para penggemar Arsenal memberikan pujian untuk lawan mereka.

Saka, serta rekan setimnya di Inggris Marcus Rashford dan Jadon Sancho, menjadi sasaran pelecehan rasial saat Three Lions kalah dalam final pertama mereka dalam 55 tahun.

Banyak pihak mengecam tindakan rasisme yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut, termasuk Arsenal yang merilis pernyataan pada Senin pagi.

“Tadi malam, kami melihat Bukayo Saka mencapai final Euro 2020 di usia 19 tahun,” bunyi pernyataan di situs resmi The Gunners.

“Bukayo telah bersama kami sejak dia berusia tujuh tahun dan seluruh klub sangat bangga melihatnya mewakili Inggris sepanjang turnamen. Anda bisa merasakannya tepat di seberang klub.

“Tadi malam kami menyaksikan kepemimpinan dan karakter yang selalu kami kenal dan cintai di Bukayo.

“Namun, perasaan bangga ini dengan cepat berubah menjadi kesedihan atas komentar rasis yang ditujukan kepada pemain muda kami di platform media sosialnya setelah peluit akhir.

“Sekali lagi, kami sedih harus mengatakan bahwa kami mengutuk rasisme sejumlah pemain kulit hitam."

The Gunner menegaskan, hal tidak terpuji seperti itu tidak boleh berlanjut dan platform media sosial serta pihak berwenang harus bertindak untuk memastikan pelecehan menjijikkan yang dialami para pemain mereka setiap hari berhenti.

“Pesan kami kepada Bukayo adalah: angkat kepala Anda, kami sangat bangga dengan Anda dan kami tidak sabar untuk segera menyambut Anda kembali ke Arsenal.”

Adapun pertandingan antara Hibernian versus Arsenal berakhir untuk kemenangan tuan rumah 2-1 melalui gol yang dicetak Martin Boyle (21) dan Daniel MacKay (69). Sementara Arsenal, mencetak gol hiburan Emile Smith Rowe pada menit 82