Selebrasi Gol Ramah <i>Social Distancing</i> Ala Bos Leipzig
Julian Nagelsmann, (Twitter @RBleipzig_EN)

Bagikan:

JAKARTA - Bundesliga Jerman akan kembali dari masa jeda akibat pandemi COVID-19 pada Sabtu, 16 Mei besok. Julian Nagelsmann mengatakan skuat asuhannya RB Leipzig sedang merancang modifikasi selebrasi gol yang memenuhi pedoman kesehatan ketat.

Pada matchday 26, Leipzig yang menempati urutan ketiga klasemen akan menjamu Freiburg di stadion tanpa penonton. Leipzig terpaut lima poin di bawah pemimpin klasemen Bayern Muenchen.

Dalam rangka melanjutkan kompetisi liga musim ini, Liga Sepak Bola Jerman (DFL) sudah menjabarkan daftar aturan kesehatan yang ketat.

Melansir Soccerway, Jumat, DFL mendesak pemain untuk tidak terlalu sering kontak fisik dengan merekomendasikan salam adu siku atau adu kaki, ketimbang berpelukan saat merayakan gol.

Nagelsmann menyatakan, para pemainnya tidak akan melakukan selebrasi dengan cara berkerumun bersama rekan-rekan satu timnya.

"Para pemain pastinya sudah memikirkan sesuatu tetapi kami harus terlebih dahulu mencetak gol," kata Nagelsmann.

Striker Timo Werner sudah menciptakan 21 gol sepanjang musim ini. Sedangkan penyerang Marcel Sabitzer dan Patrik Schick seharusnya bisa tampil lagi karena sudah sembuh dari cedera.

Nagelsmann memperkirakan tidak akan ada yang melakukan selebrasi gol berlebihan mengingat para pemain kesulitan tampil bugar kembali setelah 2 bulan jeda.

"Jika Anda sudah lama tidak main dan tak punya ritme, Anda akah cenderung bermain ke belakang dan berusaha mencegah terciptanya gol," kata Nagelsmann.

Lalu, mengingat tidak ada penonton, Nagelsmann yang terkenal suka melakukan selebrasi menerabas batas lapangan itu mengatakan dirinya harus mengubah caranya melakukan selebrasi gol.

"Saya cenderung beraksi sendirian," lanjutnya.

"Saya harus berbicara lagi kepada diri saya dan berusaha bertindak dalam cara yang diterima secara sosial di zona (pelatih)," pungkas Nagelsmann.