Bagikan:

JAKARTA - Tim Ferrari berada dalam situasi sempurna untuk pertarungan memperebutkan gelar konstruktor Formula 1 (F1) musim 2024. Hal ini diungkapkan kepala tim Scuderia Ferrari Fred Vasseur setelah pembalapnya Carlos Sainz meraih posisi terdepan pada sesi kualifikasi Grand Prix (GP) Meksiko, Minggu 27 Oktober pagi WIB.

Setelah mampu meraih finis posisi satu-dua pada akhir pekan lalu di GP AS Texas, tim pabrikan Italia itu hanya tertinggal delapan poin dari juara bertahan Red Bull, dan terpaut 40 poin di belakang pemuncak klasemen konstruktor McLaren.

Sikap optimistis Ferrari untuk gelar konstruktor didukung dengan hasil yang diperoleh Sainz sebagai pemimpin balapan GP Meksiko. Rekannya Charles Leclerc juga menempati posisi keempat menjelang balapan.

Tim Kuda Jingkrak ini punya dua pembalap yang bisa mendongkrak perolehan poin di klasemen konstruktor. Sementara hanya ada Max Verstappen (Red Bull) di posisi kedua, dan posisi ketiga Lando Norris (McLaren) yang bisa menambah poin maksimal tim mereka.

Namun menurut Vasseur, Ferrari diuntungkan karena persaingan sengit Red Bull dengan McLaren. "Kami memiliki keuntungan karena berada di bawah radar," kata Vasseur kepada televisi Sky Sports.

"Pembahasannya lebih banyak mengenai pertarungan antara Lando dan Max, antara bos McLaren Zak Brown dan bos Red Bull Christian Horner. Bagi saya itu situasi yang sempurna,” katanya.

Sainz, yang akan meninggalkan Ferrari ke Williams pada akhir musim dan tidak lagi diperhitungkan dalam perebutan gelar juara dunia, mencatatkan waktu terbaik 1 menit, 15,946 detik. Pembalap Spanyol itu telah mengklaim posisi terdepan untuk keenam kali sepanjang kariernya.

Sainz tahu betapa pentingnya bagi harapan Ferrari untuk terus mencetak poin maksimal. "Itu prioritas utama kami. Pertama-tama, membawa pulang kedua mobil sampai ke garis finish. Kemudian jika Anda memenangi balapan, ada tujuh atau delapan poin tambahan yang Anda peroleh saat menang itu penting bagi tim di gelar konstruktor," katanya.

"Saya hanya ingin mempertahankan P1 (posisi satu) hingga tikungan pertama, dan dari sana, mudah-mudahan kecepatan balapan kami akan cukup baik untuk memenangkannya,” ungkap Sainz.