Bagikan:

JAKARTA - Manchester City sudah melakoni 13 penampilan kompetitif di semua ajang musim 2024/2025.

Catatannya mentereng, tidak terkalahkan di delapan laga Liga Inggris, tiga Liga Champions, satu Piala Liga (Carabao), dan satu Community Shield. Sebanyak 10 laga di antaranya berujung kemenangan, tiga lainnya seri.

Menariknya, meski belum ada satu pun tim yang mengalahkan The Citizens, ternyata anak asuh Pep Guardiola belum tampil 100 persen.

Salah satu bintang Manchester City, Phil Foden, menilai bahwa timnya masih kelelahan usai menjalani musim lalu.

Faktor kelelahan itu, menurut Foden, telah berkontribusi pada lambatnya Manchester City mengawali musim baru.

"Tahun lalu ada begitu banyak pertandingan. Saya mengerahkan semua kemampuan saya. Saya kembali dengan sedikit kelelahan, itu normal. Rodri juga kembali seperti itu, begitu juga beberapa pemain."

"Wajar jika kami memainkan banyak pertandingan, Anda pasti mengalami kelelahan pada suatu saat. Saya melangkah ke arah yang benar dan berusaha untuk kembali ke performa terbaik saya," kata Foden seperti dilansir ESPN.

Manchester City baru selesai melakoni laga Liga Champions menjamu Sparta Praha pada 24 Oktober 2024.

Mereka kembali meraih kemenangan dengan skor telak 5-0 yang menandai dua kemenangan serta clean-sheet beruntun di Liga Champions, setelah pada laga pertama seri kontra Inter Milan.

Phil Foden menjadi salah satu pemain yang menyumbang satu gol dalam kemenangan tersebut.

Bagi sang gelandang serang, penampilan melawan Sparta Praha merupakan penampilan keempatnya sebagai starter musim ini.

Foden mengatakan bahwa ia masih berusaha untuk bangkit setelah menjalani 'maraton' musim lalu yang dimulai pada awal Agustus 2023 dan berakhir dengan final Euro 2024 pada pertengahan Juli 2024.

Foden memainkan 69 pertandingan untuk klub dan negara musim lalu. Ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris setelah mencetak 19 gol untuk membantu The Citizens meraih gelar keempat berturut-turut.

Namun, ia kesulitan mendapatkan kesempatan musim ini dan hanya tampil sebagai starter satu kali di liga saat Manchester City menang 3-2 atas Fulham di kandang awal bulan ini.

"Saya sedikit kelelahan setelah kembali dari tahun lalu, sedikit sakit. Ada beberapa hal yang mengganggu juga."

"Beberapa hal yang terjadi bersamaan. Jika Anda berbicara dengan pemain mana pun, mereka semua pernah mengalaminya, suka duka sepak bola."

"Itu hanya hambatan kecil, saya senang bisa kembali dan menikmati sepak bola saya," ujar Foden.

Terlepas dari itu, Matheus Nunes mengatakan bahwa ia akhirnya merasa nyaman di Manchester City setelah setahun pindah dari Wolverhampton Wanderers.

Sang gelandang menghabiskan sebagian besar musim lalu di bangku cadangan setelah kepindahannya senilai 53 juta pound.

Namun, setelah tampil mengesankan sejak awal melawan Sparta Praha dan mencetak gol penalti untuk memastikan kemenangan 5-0, pemain 26 tahun itu mengatakan bahwa ia merasa lebih betah di Etihad.

"Saya merasa telah beradaptasi dengan yang terbaik musim ini. Saya lebih tenang, tidak terlalu menekan diri sendiri."

"Saya pikir itu jelas bagi semua orang sejak awal musim. Saya hanya harus terus bekerja seperti ini."

"Hanya berusaha untuk bermain sebaik mungkin setiap kali saya dipilih untuk melakukannya," kata Nunes.