Liverpool yang Sudah Lupa Rasanya Kalah
Mohamed Salah (TWitter @lfc)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool makin tak tersentuh di puncak klasemen Liga Inggris. Kemenangan telak 4-0 atas Southampton pada Sabtu, 2 Februari, membuat pasukan Jurgen Klopp unggul 22 poin dari peringkat kedua Manchester City.

The Reds duduk nyaman di pucuk klasemen dengan raihan 70 poin dari 24 pertandingan. Mereka meraih 23 kemenangan dan hanya sekali sekali.

Dengan hasil ini, Liverpool kini menyamai rekor City yang menang berturut-turut dalam 20 pertandingan kandang. Hanya Liverpool-nya Bill Shankly yang memiliki rekor kemenangan kandang beruntun lebih banyak dari Liverpool-nya Klopp. Antara Januari sampai Desember 1972, skuat Shankly meraup 21 kemenangan beruntun. 

Kemenangan atas Southampton sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Liverpool di liga musim ini. Jika digabung dengan pertandingan musim lalu, The Reds total tak terkalahkan dalam 42 pertandingan. 

Tak sampai di situ. Mereka juga telah meraih 100 poin dari 102 pertandingan terakhir yang tersedia.

Liverpool juga berada di jalur untuk memecahkan rekor yang dibuat oleh Manchester United pada tahun 2001. Saat itu, Setan Merah meraih trofi Liga Premier paling cepat, yakni pada 14 April ketika liga masih menyisakan lima pertandingan. 

Secara matematis, jika Liverpool dan Manchester City sama-sama menang terus, pasukan Klopp dapat meraih gelar Etihad pada 4 April ketika dua tim ini bertemu. Dengan enam pertandingan tersisa, Mohamed Salah dkk akan mengakhiri puasa gelar liga The Reds dalam 30 tahun.

Tapi, Liverpool baru bisa mengangkat trofi sebulan kemudian setelah pertandingan liga terakhir mereka di Anfield. Dalam laga yang digelar pada 4 Mei itu, mereka akan menghadapi Chelsea.

Pasukan Anfiled juga sedang mengejar rekor tak terkalahkan sepanjang musim yang sebelumnya dipegang Arsenal. The Gunners menjadi satu-satunya tim yang mendapat predikat The Invincibles saat menyabet trofi Liga Premier 2003-2004.

Saat itu, Arsenal menang 26 pertandingan dan sisanya berakhir imbang. Peluang Liverpool untuk menyamai rekor Arsenal tersebut terbuka lebar.