Bagikan:

JAKARTA – Tiga tunggal putri Indonesia yang bermain di babak kedua Indonesia International Challenge 2024 kompak melangkah ke perempat final turnamen.

Tiket paling pertama didapat oleh Mutiara Ayu Puspitasari yang menghentikan wakil Malaysia, Ong Xin Yee, dengan skor 21-12 dan 23-21 di Jatim Expo, Surabaya, pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Hasil itu merupakan kemenangan kedua Mutiara atas Ong Xin Yee setelah sebelumnya terjadi di babak 32 besar turnamen BWF World Junior Championships 2022.

"Saya sebelumnya pernah bertemu dengan lawan. Jadi, saya sudah mengenal karekteristik lawan. Hal itu menjadi keunggulan saya di laga ini," ujar Mutiara dalam keterangan dari PBSI.

Pada babak delapan besar, Jumat, 25 Oktober 2024, Mutiara akan berhadapan dengan rekan satu negaranya, Bilqis Prasista, yang menghentikan wakil Sri Lanka, Ranithma Liyanage.

Pertemuan dua rekan satu negara ini membuat Indonesia otomatis punya satu tiket semifinal tunggal putri. Di atas kertas, Bilqis memimpin keunggulan menang-kalah 1-0 atas kompatriotnya itu.

"Saya menilai semua lawan di turnamen ini tidak mudah. Saya mencoba untuk memberikan yang terbaik," ujar Mutiara terkait pertandingan yang akan dia jalani di perempat final.

Satu tunggal putri Indonesia lainnya yang ikut mencapai babak perempat final adalah Kyla Legiana Agatha.

Pemain kelahiran 18 Agustus 2003 itu melaju ke perempat final seusai menumbangkan wakil China Taipei, Lee Yu-Hsuan, dengan skor 23-21 dan 21-15.

Kyla selanjutnya akan bertemu dengan tunggal putri Thailand, Yataweemin Ketklieng, yang menghentikan perjalanan tunggal Malaysia, Siti Nurshuhaini.

Indonesia sebenarnya menurunkan sebanyak delapan tunggal putri di ajang ini. Akan tetapi, mayoritas langsung mengemas koper pada babak pertama.