Bagikan:

JAKARTA – Penguasa klasemen sementara MotoGP 2024, Jorge Martin, mulai dihantui persaingan musim lalu dengan Francesco Bagnaia dalam perebutan gelar.

Pebalap asal Spanyol tersebut saat ini masih unggul 10 poin dari Bagnaia yang menempati posisi kedua. Namun, posisi itu sama sekali belum aman karena masih ada empat seri tersisa.

Martin mengakui bahwa ia tidak ingin kehilangan gelar lagi seperti musim lalu yang membuatnya sempat tidak ingin untuk kembali ke ajang balapan motor paling bergengsi ini.

"Pada Februari 2024 setelah jeda, ketika kami memulai lagi, saya tidak ingin kembali ke motor MotoGP. Saya punya banyak ketakutan. Saya tidak tahu apakah saya bisa secepat sebelumnya," ujar Martin dilansir Crash.

Musim lalu, Martin dan Bagnaia bersaing hingga seri terakhir di Grand Prix Valencia. Pada klasemen akhir, keduanya dipisahkan oleh 39 poin saja.

Bagnaia duduk di posisi paling atas dengan koleksi 467 poin, sedangkan Martin mengekor dengan 428 poin. Hasil itu membawa Bagnaia mempertahankan gelar.

Martin mengatakan bahwa kekalahan musim lalu berhasil menempa mental sekalipun ia sempat risau. Ia mengaku sekarang jauh lebih siap untuk mengunci juara.

"Target sekarang adalah berjuang dan memberikan 100 persen. Saya lebih kuat. Saya sedikit lebih baik hampir di semua sisi," ujar pebalap yang membela Prima Pramac Racing itu.

Persaingan MotoGP 2024 selanjutnya akan berlangsung di Australia pada Jumat, 18 Oktober 2024 sampai Minggu, 20 Oktober 2024.

Adapun tiga seri berturut-turut setelahnya akan berlangsung di Thailand 25-27 Oktober 2024, Malaysia 1-3 November 2024, dan seri terakhir di Valencia, Spanyol, pada 15-17 November 2024.