Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia menjadi kuda hitam di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasukan Shin Tae-yong tidak terkalahkan dalam tiga laga yang sudah dijalani. Pada dua partai awal, Skuad Garuda merepotkan tim raksasa sekelas Arab Saudi dan Australia. Dua tim langganan Piala Dunia itu ditahan seri.

Indonesia sejauh ini sudah mengemas tiga poin dari tiga hasil seri serta mencetak tiga gol dan kebobolan tiga gol.

Menurut salah satu penggawa Timnas Indonesia, Maarten Paes, menyebut penampilan apik tim tak lepas dari pertahanan solid yang sudah terbangun.

Sang kiper mengakui bahwa lini pertahanan Skuad Garuda sudah terjalin koneksi yang bagus.

Paes merasa terbantu dengan siapa pun yang berdiri di depannya, entah itu Jay Idzes, Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Calvin Verdonk, Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, ataupun penggawa anyar Mees Hilgers.

"Hal baik di tim kami adalah kami menikmati sebagai rekan satu tim. Kami merayakan dan saling memberi semangat satu sama lain."

"Itu adalah hal yang paling spesial ketika kami melakukan blok di lapangan karena kami saling terhubung. Kami punya hubungan yang spesial sebagai rekan satu tim," tutur Paes.

"Setelah saya berhasil melakukan penyelamatan, saya mendapatkan dukungan dan dorongan dari rekan satu tim saya."

"Kami saling menyemangati dalam cara yang sangat positif dan mendorong satu sama lain," ujar Paes dalam konferensi pers pada Senin, 14 Oktober 2024.

Maarten Paes lebih lanjut mengakui bahwa chemistry dengan pemain lain sudah terjalin ketika dia pertama kali membela Timnas Indonesia.

Kiper 26 tahun itu menjalani debut bersama Skuad Garuda ketika melawan Arab Saudi pada laga pertama Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Debutnya pun berjalan apik karena Paes berhasil menggagalkan tendangan penalti Arab Saudi sehingga membuat Skuad Garuda membawa pulang satu poin.

Saat itu, Paes sudah merasa bahwa dukungan luar biasa sudah mengalir kepadanya meski baru pertama kali membela Timnas Indonesia.

Sekarang, koneksi antarpemain di Timnas Indonesia pun semakin erat. Apalagi, mereka kini memiliki tujuan yang sama.

"Saya belum lama bergabung di Timnas Indonesia, begitu pula rekan-rekan setim saya yang baru."

"Namun, seiring berjalannya waktu, kami bisa lebih akrab, membangun hubungan yang lebih dekat, dan tampil dengan baik," kata Paes.

"Saya pikir itu sangat spesial, membuat blok bagus pada akhir pertandingan (penalti melawan Arab Saudi) dan merayakannya."

"Mereka datang kepada saya setelah aksi penyelamatan. Itu membentuk koneksi spesial."

"Kami memiliki tujuan yang sama, yaitu berjuang untuk Indonesia. Kami memiliki hubungan kerja sama yang baik," ujar Paes lagi.

Timnas Indonesia akan menghadapi China pada laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB.

Skuad Garuda tengah dalam motivasi tinggi untuk meraih kemenangan perdana di Grup C.