Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Italia Luciano Spalletti langsung memanggil gelandang Nicolo Zaniolo menggantikan Lorenzo Pellegrini. Blunder konyol yang dilakukan kapten AS Roma ini membuat dua dikartu merah dalam laga melawan Belgia di UEFA Nations League yang berakhir imbang 2-2.

Spalletti tampak kecewa dengan dikartumerahnya Pellegrini karena menggagalkan Italia meraih kemenangan ketiga di Nations League. Spalletti pun meminta Zaniolo kembali bergabung saat Italia melakoni laga berikutnya di Nations League melawan Israel yang digelar di Stadion Bluenergy, Selasa, 15 Oktober 2024 dini hari WIB.

Zaniolo menggantikan Pellegrini yang sudah pasti absen menghadapi Israel. Pemain yang dipinjam Atalanta dari Galatasaray ini menunjukkan performa yang cukup bagus saat kembali ke Liga Italia. Zaniolo menyumbang satu assist selama lima pertandingan bersama La Dea.

Menariknya, Zaniolo sesungguhnya bukan wajah baru di timnas. Hanya, pemain berusia 25 memang kalah bersaing masuk skuad Italia. Apalagi performa Zaniolo memang kurang konsisten meski belakangan menunjukkan performa apik di

Zaniolo yang melakukan debut di timnas senior pada Maret 2019 sesungguhnya pernah disebut-sebut sebagai bintang muda bertalenta yang bakal melejit. Namun dia memang lebih sering bernasib sial karena selalu gagal tampil di turnamen besar akibat cedera parah.

Karier eks gelandang AS Roma ini sempat meredup saat dia mengalami cedera ACL yang membuat Zaniolo beristirahat panjang. Akibatnya, dia harus melupakan Euro 2020. Lebih Ironis, Zaniolo justru berperan besar meloloskan Gli Azzurri ke putaran final yang kemudian tampil sebagai juara setelah mengalahkan Inggris dalam drama adu penalti.

Di Piala Dunia 2022, Zaniolo dalam kondisi fit dan bisa tampil di turnamen besar. Namun apesnya lagi, Italia malah gagal lolos ke Qatar sehingga pemain yang sudah mengemas dua gol selama 19 penampilan di timnas ini harus melupakan mimpi bermain di Piala Dunia.

Zaniolo yang pernah bermain di Aston Villa ini sesungguhnya kembali berpeluang tampil di turnamen besar dengan membela Italia di Euro 2024. Lagi-lagi memang sial. Menjelang akhir kompetisi, dia kembali cedera serius.

Kali ini, Zaniolo mengalami cedera metatarsal atau patah tulang di jari kaki yang butuh waktu cukup lama untuk pemulihan. Dia pun kembali absen di Piala Eropa yang digelar di Jerman.

Spalletti memang tak memanggilnya saat Italia melakoni dua pertandingan Nations League. Hanya, Zaniolo kemudian menggantikan Pellegrini yang mendapat kartu merah dalam laga melawan Belgia di Stadion Olimpico, Roma, Jumat, 11 Oktober 2024 dini hari WIB.

Meski tak menyalahkan pemain, namun Spalletti tampak kecewa dengan kartu merah Pellegrini. Bagaimana tidak, Italia sudah unggul 2-0 dan menunjukkan permainan bagus sebelum akhirnya kehilangan seorang pemain.

Belgia memanfaatkan keuntungan menghadapi lawan yang bermain dengan 10 orang. Dan, hanya berselang dua menit, mereka bisa mencetak gol yang mengubah skor menjadi 2-1. Selanjutnya, pemain depan Leandro Trossard

membatalkan kemenangan Italia setelah menyamakan skor menjadi 2-2 di babak kedua.

"Ada beberapa episode yang mengubah pertandingan," kata Spalletti menunjuk kartu merah Pellegrini.

"Hasil yang sangat buruk. Kami melakukan yang terbaik selama 40 menit pertama sampai akhirnya ada yang mendapat kartu merah dan ini mengakibatkan perubahan besar," ujar Andrea Cambiaso yang mencetak gol di menit pertama pertandingan.

Pellegrini menjadi sasaran atas hasil mengecewakan di laga home. Bahkan dia terancam tak lagi masuk skuad. Apalagi, Zaniolo bisa diandalkan Spalletti. Selain itu Federico Chiesa berpeluang kembali ke timnas.