Bagikan:

JAKARTA - Aston Villa tampil mengejutkan di Liga Champions 2024/2025. Usai meraih tiga poin di laga pertama kontra Young Boys (3-0), The Villans kembali menang menjamu tim kuat, Bayern Munchen, di Villa Park, Kamis, 3 Oktober 2024, dini hari WIB.

Menariknya, partai tersebut turut disaksikan langsung Pangeran William dari tribun Villa Park.

Pangeran William ikut berselebrasi menyambut gol tungal Jhon Jader Duran pada menit ke-79. Selepas laga saat Villa memastikan kemenangan, dia juga ikut bersukacita.

Dukungan penuh kepada Aston Villa itu membuatnya kehabisan suara. Pangeran William tak bisa berhenti berteriak gembira menyambut hasil tersebut.

Soalnya, kemenangan atas Munchen merupakan sejarah bagi The Villans. Sudah 42 tahun lamanya Villa tak pernah mengalahkan FC Hollywood.

Kemenangan terakhir atas Munchen terjadi pada final Liga Champions 1982 (dulu bernama Piala Eropa). Kala itu, Villa berhasi menjadi juara usai menekuk The Bavaria 1-0 melalui gol tunggal Peter Withe.

"Suara saya hilang. Saya tidak percaya, 42 tahun," kata Pangerang William saat diwawancarai di televisi.

Laga Aston Villa vs Bayern Munchen terbilang menegangkan. Publik tuan rumah sempat terdiam kala Pau Torres mencetak gol.

Namun, gol itu dianulir wasit karena pemain asal Spanyol tersebut lebih dulu offside.

Jhon Duran kemudian menjadi penentu kemenangan saat ia melanjutkan perannya sebagai supersub. Golnya pada menit ke-79 itu merupakan gol kelimanya setelah masuk dari bangku cadangan musim ini.

Sementara itu, selepas laga Pangeran William berkesempatan untuk berbicara dengan para legenda Villa dan bahkan mendekati trofi Liga Champions satu-satunya di etalase mereka.

Sebagai penghormatan, para pemain berpose dengan kaus sepak bola termasuk satu kaus bertuliskan nama mantan penyerang Gary Shaw.

Legenda sepak bola itu meninggal awal bulan ini pada usia 63 tahun.

"Terakhir kali Aston Villa menang di turnamen Eropa teratas itu sebulan sebelum saya lahir."

"Semoga malam ini adalah langkah pertama menuju petualangan Eropa lainnya!"

"Pikiran saya malam ini juga bersama teman-teman dan keluarga legenda Villa, Gary Shaw, setelah wafat kemarin," tulis Pangeran William di akun media sosialnya.

Pangeran William Beri Penghargaan

Banyak momen yang dilakukan Pangeran William sebelum pertandingan Aston Villa vs Bayern Munchen. Dia sempat mengunggah fotonya bersama Gary Shaw di akun X miliknya.

"Selama 42 tahun kemudian, legenda pemenang Liga Champions 1982 kita ada di sini pada malam bersejarah untuk Aston Villa."

"Siap untuk pertandingan pertama di kandang sendiri dalam petualangan Eropa tahun ini. #UTV (Up the Villa)," tulisnya mengiringi foto tersebut.

Selain itu, sehari sebelum laga bersejarah tersebut, Pangeran William juga memberi penghargaan di Kastil Windsor kepada bintang-bintang sepak bola, termasuk mantan pemain Skotlandia Ally McCoist.

McCoist, yang menerima penghargaan Order of the British Empire (OBE), mengatakan bahwa keduanya berbicara tentang sepak bola, termasuk pertandingan Aston Villa di Eropa.

"Saya jelas sangat menyadari bahwa sang Pangeran adalah penggemar Aston Villa. Mereka akan menghadapi pertandingan yang sangat, sangat besar."

"Jadi, kami berbicara tentang itu. Secara umum bekerja di bidang penyiaran dan kehidupan," kata McCoist pada Rabu, 2 Oktober 2024, waktu setempat.

Kemudian, mantan pemain Timnas Inggris, Karen Carney, yang juga diangkat menjadi OBE, mengatakan bahwa ia sempat bercanda dengan Pangeran William.

Sebagaimana diketahui, Carney merupakan pendukung rival Villa, Birmingham City.

"Jujur saja, banyak orang tahu bahwa saya penggemar Birmingham City. Ada pertandingan besar di Aston Villa malam ini," kata Carney saat itu.

"Tentu saja karena Pangeran William adalah penggemar Villa. Saya pikir ada kesempatan bagus untuk bercanda dengannya."

"Ia sangat ramah, ia akan pergi ke pertandingan, dan itu keren. Jadi, kami mengobrol tentang sepak bola yang menurut saya adalah bahasa umum bagi semua orang."

"Saya pikir semua orang bisa berbicara tentang sepak bola dan itu sangat bagus. Saya pernah bertemu dengannya sebelumnya di Lionesses. Ia penggemar sepak bola pria dan wanita. Hal itu sangat keren," tutur Carney lagi.

Awal tahun ini, Pangeran William juga terlihat menyemangati Timnas Inggris di Euro 2024.