Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 berhasil memastikan diri lolos ke babak utama Piala Asia U-2025. Hasil itu didapat setelah tim asuhan Indra Sjafri menyegel status juara Grup F saat bermain imbang 1-1 atas Yaman.

Dalam laga pamungkas babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang digelar di Stadion Madya, Senayan pada Minggu, 29 September malam WIB. Timnas Indonesia U-20 yang jadi tuan rumah berhasil unggul lebih dulu. 

Sejak awal laga, Yaman memang memulai pergerakan dengan serangan yang cukup mengejutkan pemain-pemain Timnas Indonesia U-20. Anwar Hussein dan kawan-kawan berupaya menekan sehingga membuat Skuad Garuda Nusantara tidak nyaman bermain.

Namun situasi itu tak berlangsung lama karena Timnas Indonesia U-20 mulai bisa merancang serangan selepas menit kelima. Penampilan kedua tim yang saling menekan membuat laga berjalan menarik. 

Yaman membuka peluang lewat Anwar Hussein tapi kemudian dibalas Dony Tri Pamungkas. Tak lama berselang Adel Abbas Qaseem dan Abdullah Khaled Haidan sempat membuat ancaman ke gawang Ikram Al Giffari tapi masih bisa dihadang dengan sempurna. 

Memasuki menit pertama injury time serangan Indonesia membuat bola berada di sisi kanan. Muhammad Ragil menahan bola dan kemudian melepas umpan ke dalam kotak penalti.

Jens Raven yang ada di posisi tepat kemudian mendapat bola dan langsung mencari ruang tembak. Bidikannya pas tak meleset dan membuat skor berubah unggul bagi Timnas Indonesia U-20 menjadi 1-0.

Tapi euforia tak berlangsung lama, sebab berselang satu menit kemudian giliran Yaman yang membalas serangan. 

Lewat tendangan Abdulrahman Al Khadher, Yaman berhasil membuat jala gawang yang dijaga Ikram bergetar. Skor kemudian imbang 1-1 bagi kedua tim hingga turun minum. 

Lanjut di awal babak kedua, pelatih Indra Sjafri memilih melakukan pergantian pemain. Sultan Dzaky, Riski Afrisal, dan Arlyansah Abdulmanan masuk menggantikan Ragil, Figo Dennis, dan Muhammad Mufli dan membuat formasi 3-5-2 berubah menjadi 3-4-3.

Yaman memulai babak kedua lebih santai dibanding babak pertama, namun Adel Abbas kembali memiliki peluang pada awal babak kedua. Menyusul kemudian pergantian pemain kembali dilakukan Indra dengan memasukkan Fandi Pamungkas untuk menggantikan Aditya Warman.

Yaman dan Indonesia kembali terlibat dalam duel ketat di lini tengah dalam membangun serangan. Timnas Indonesia U-20 mencoba menguasai bola karena lawan bermain cukup rapat, sementara Yaman mempraktikkan serangan secara direct dengan berupaya memanfaatkan kecepatan dan pergerakan individu.

Yaman berupaya kembali menguasai bola lebih lama pada 10 menit terakhir. Timnas Indonesia U-20 yang mulai terlihat lelah berada dalam posisi ditekan.

Toni Firmansyah dan kawan-kawan juga berupaya melakukan serangan, namun kesulitan untuk memberikan ancaman berarti.

Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 menjadi pemuncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan berhak lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2025 yang akan berlangsung di China.