Bagikan:

JAKARTA - Liverpool tak kesulitan menyingkirkan West Ham United dalam duel sesama tim Premier League Inggris di babak ketiga Carabao Cup. Dalam duel di Stadion Anfield, Kamis, 26 September 2024 dini hari WIB, Liverpool menang telak 5-1.

Pemain depan Diogo Jota dan Cody Gakpo mencetak brace di Piala Liga Inggris itu. Namun manajer Arne Slot justru memuji penampilan mengesankan Federico Chiesa. Meski tak mencetak gol, Chiesa menyumbang assist yang dituntaskan Jota sekaligus membuka kemenangan Liverpool.

Chiesa sendiri sempat mengalami penurunan setelah mengalami cedera lutut tak lama usai membawa Italia memenangi Euro 2020. Setelah pulih, performa dia tak kunjung membaik di Juventus. Klub kemudian menjual Chiesa ke Liverpool dengan harga 12,5 juta poundsterling.

Meski masih beradaptasi dengan sepak bola Liga Inggris sehingga untuk sementara ini lebih banyak duduk di bench, namun Chiesa menunjukkan penampilan yang kian membaik. Di laga melawan West Ham, pemain sayap yang diproyeksikan menggantikan Mohamed Salah ini bermain selama 60 menit.

"Saya puas menyaksikan penampilan dia selama 60 menit. Apalagi sebelumnya, dia jarang bermain. Bahkan dia hampir tak mendapatkan menit bermain selama tiga atau empat bulan terakhir. Jadi penting bagi dia untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain. Dan, dia memperlihatkan kemampuannya," kata Slot seperti dikutip Evening Standard.

"Dia memberikan assist meski berupa sepakan pendek yang membuat Diogo bisa mencetak gol. Dia sudah bekerja sangat keras. Namun hal yang wajar bila dia belum sepenuhnya menunjukkan kemampuan terbaik," ujar dia lagi.

"Dia sudah bisa beradaptasi dengan tim dan rekan bermainnya. Dia juga sudah bisa menyesuaikan diri dengan gaya bermain kami. Hal yang bagus pula menyaksikan dia fit di pertandingan itu, Jadi, kami sudah bisa memainkan dia kapan pun," kata Slot.

Di pertandingan melawan West Ham, Slot merombak komposisi pemain. Sebagian pilar tim seperti kapten Virgil van Dijk, Luis Diaz, Trent Alexander-Arnold hingga Dominik Szoboszlai tak dimainkan meski duduk di bench.

Meski demikian, Slot tetap mempertahankan Darwin Nunez sebagai centre forward dengan didampingi Gakpo dan Chiesa. Sedangkan Salah dan Alexis Mac Allister baru diturunkan di babak kedua.

Tampil di kandang sendiri saat menghadapi The Hammers yang menduduki peringkat 14 di klasemen sementara, Liverpool langsung memberi tekanan. Namun tuan rumah sempat kebobolan lebih dulu akibat gol bunuh diri bek Jarell Quansah di menit 21.

Berawal dari upaya gelandang Wataru Endo yang hendak membuang bola saat terjadi kemelut di depan gawang usai sepak pojok West Ham. Namun upaya dari pemain timnas Jepang ini justru mengenai Quansah dan bola meluncur ke gawang sendiri.

Liverpool dengan cepat bangkit untuk mengejar ketinggalan. Tak lama berselang atau empat menit kemudian, Liverpool sudah menyamakan skor. Jota sukses mencetak gol setelah meneruskan bola tendangan voli akrobatik Chiesa d menit 25. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool bermain menyerang yang memaksa West Ham mendapat banyak tekanan. Hasilnya, pertandingan baru berjalan empat menit, Jota berhasil membobol gawang lawan untuk kali kedua. Dia menyelesaikan assist dari Curtis Jones untuk membua brace.

Unggul 2-1, Liverpool kian bersemangat bermain menyerang dan memberi tekanan terhadap pertahanan West Ham. Namun The Pool harus menunggu sampai menit 74 saat Salah memperbesar keunggulan. Dirinya menyambut bola rebound dari tendangan Mac Allister.

Situasi West Ham kian buruk saat tertinggal 3-1. Mereka kehilangan gelandang Edson Alvarez yang mendapat kartu kuning kedua dan disusul kartu merah di menit 76.

Liverpool mencoba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Namun sang juara bertahan akhirnya baru bisa menambah gol saat Gakpo mencetak brace.

Gol pertama Gakpo tercipta lewat kerjasama satu dua dengan Nunez di menit 90. Selanjutnya, dia menambah gol yang mengubah skor menjadi 5-1 di menit 90+3. Liverpool menutup laga dengan keunggulan lima gol.