Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sukses menjadi juara umum tiga tahun beruntun alias hattrick di ajang Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional.

Prestasi itu diukir setelah pada edisi tahun ini Indonesia mendapat 10 medali emas dari 20 kategori yang dilombakan di babak final yang digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 22 September 2024.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, berharap pencapaian di ajang yang didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation bisa terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya.

"Selamat kepada seluruh atlet yang sudah menjadi juara dan teruslah berlatih keras untuk menggapai banyak kesuksesan di masa depan," kata Senny dalam keterangan yang diterima.

Di babak final, kemenangan tim Indonesia dibuka oleh ganda campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila. Pasangan ini menghentikan kompatriot mereka, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah.

Hikmat/Ratri yang berstatus unggulan pertama menang dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-10. Hasil ini sekaligus membuat mereka mempertahankan gelar dari tahun lalu.

Selain menjaga gelar, hasil ini menambah daftar sukses pasangan itu pada tahun ini. Sebelumnya saat tampil di Paralimpiade Paris 2024, mereka juga membawa pulang medali emas buat Indonesia.

Hikmat berharap prestasi mereka ini dapat menginspirasi generasi berikutnya sehingga Indonesia bisa punya regenerasi atlet yang terus bisa diperhitungkan ke depan di berbagai ajang penting.

"Semoga atlet-atlet para badminton lain semakin bersemangat untuk lebih giat berlatih dan bisa menambah jam terbang di turnamen level internasional," ucap Hikmat.

Medali emas untuk Indonesia di ajang ini juga ikut disumbangkan oleh tunggal putra Subhan. Ia naik podium tertinggi usai mendapat wakil India, Sivarajan Solaimalai, dalam pertarungan dua gim dengan skor akhir 21-19 dan 21-15.

Ini adalan gelar kedua Subhan di Indonesia Para Badminton International. Sebelumnya, ia juga pernah memijaki podium juara pada turnamen edisi 2022.

Deputi Manajer Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yuni Kartika, mengatakan bahwa pencapaian Indonesia di Hydroplus ini merupakan angin segar bagi perputaran ekosistem para bulu tangkis.

"Seperti yang kita perhatikan, Indonesia tidak turun dalam kekuatan penuh setelah Paralimpiade Paris, tetapi ternyata atlet sanggup memenuhi target dengan keluar sebagai juara umum," ujar dia.

Pada edisi tahun ini, India berhasil mengekori Indonesia di posisi runner-up. Negara tersebut total mengoleksi raihan enam medali emas dari ajang bergengsi ini.

Salah satu medali emas untuk India disumbangkan oleh ganda campuran Prem Kumar Ale/Alphia James di klasifikasi WH 1–WH 2. Pasangan itu juara usai menang 21-11 dan 21-9 atas wakil Indonesia, Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti.

Daftar 10 Medali Emas Indonesia di Para Badminton 2024

Subhan (tunggal putra SH6)

Fredy Setiawan (tunggal putra SL4)

Suryo Nugroho (tunggal putra SU5)

Rina Marlina (tunggal putri SH6)

Qonitah Ikhtiar Syakuroh (tunggal putri SL3)

Leani Ratri Oktila (tunggal putri SU5)

Dwiyoko/Fredy Setiawan (ganda putra - SL 3 - SL 4)

Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (ganda putri - SL 3 - SU 5)

Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila (ganda campuran - SL 3 - SU 5)

Subhan/Rina Marlina (ganda Campuran SH 6)