Bagikan:

JAKARTA – Atlet atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo, sukses melaju ke partai final nomor 200 meter putra klasifikasi T37 Paralimpiade 2024 Paris. Berikut jadwal tanding dia pada petang ini.

Saptoyogo mengantongi tiket final dengan berhasil mencatatkan waktu terbaiknya di tahun ini (season best) pada babak kualifikasi di Stade de France, pada Sabtu, 7 September dini hari WIB.

Dalam babak kualifikasi itu, Saptoyogo berada di heat pertama bersama jagoan Brasil Ricardo Gomes de Mendonca serta wakil Polandia Michal Kotkowski.

Kedua nama ini menjadi unggulan bersama wakil Arab Saudi, Ali Nakhli. Meski demikian, Saptoyogo mampu membuat kejutan finis tercepat dengan catatan waktu 23,41 detik di heat pertama.

Waktu tersebut menjadi catatan terbaiknya di tahun ini. Sementara itu, di belakangnya ada Ali Nakhli finis dengan catatan waktu 23,43 detik serta Michal dan Ricardo dengan 23,51 detik.

Catatan waktu tersebut menempatkan Saptoyogo sebagai yang tercepat kedua pada babak kualifikasi nomor 200 meter T37. Adapun wakil Brasil, Gabriel Luiz da Costa, mampu melewati Saptoyogo karena memenangi heat kedua dengan catatan waktu 23,05 detik.

Saptoyogo pun berhak mendapatkan tiket final nomor 200 meter klasifikasi T37 yang akan dipertandingkan pada Sabtu, 7 September petang nanti pukul 15.40 WIB.

Tiket final ini membuat Saptoyogo berpeluang memenangi medali keduanya di Paris. Dia sebelumnya sudah menyumbang satu perak 100 T37 putra, yang merupakan medali pertama buat Indonesia di edisi tahun ini.

Selain Saptoyogo Purnomo, tim para atletik Indonesia juga memiliki wakil pada babak kualifikasi nomor 100 meter putri klasifikasi T42/63 yang dipertandingkan setelah final 200 meter putra T37.

Saat ini, Indonesia menduduki posisi ke-45 klasemen sementara dengan koleksi 13 mendali. Rinciannya satu medali emas, tujuh medali perak, dan lima medali perunggu.